Sejarah Bahasa Pemrograman

Posted on   Januari 22, 2018   |   Last Modified   Juni 1, 2018
Sejarah Bahasa Pemrograman

Apa itu Bahasa Pemrograman ?

Bahasa Pemrograman adalah intruksi standar yang dibuat untuk memerintah atau memprogram Komputer, dan seseorang yang bekerja dengan Bahasa Pemrograman biasanya disebut sebagai Programmer. lahirnya Pemrograman lahir bersamaan dengan lahirnya Komputer, Komputer dapat berjalan karena adanya Program yang telah dibuat oleh Programmer. Program dan Komputer tidak bisa di pisahkan karena Komputer tidak akan bisa berjalan tanpa adanya Program dan juga sebaliknya yaitu Program tidak bisa dijalankan tanpa adanya Komputer.

Bahasa Pemrograman merupakan sebuah himpunan dari aturan sintak dan simatik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Fungsi bahasa pemrograman adalah untuk memungkinkan seorang Programmer memerintah, menentukan dan memprogram komputer untuk melakukan secara persis apa yang di perintahkan oleh Pengguna. Kadang komputer bekerja untuk mengolah dan memanipulasi data.

Sejarah Bahasa Pemrograman

Awal mula Bahasa pemrograman dimulai dari Mekanisme Antikythera yang berasal dari Yunani Kuno. Antikythera adalah Kalkulator yang menggunakan beberapa ukuran persneling dan konfigurasi untuk menentukan operasi. pada tahun 1206 Al-Jazari membangun Automata. Dan pada 1801 dikembangkan Jacquard Loom oleh joseph Marie.

Charles Babbage adalah tokoh pertama yang memperkenalkan Pemrograman pada komputer saat abad pertengahan, beliau adalah seorang ilmuan inggris dan beliau adalah seseorang yang pertama kali mendesain mesin merupai komputer dan mesin itu diisi dengan beberapa program yang dapat berjalan untuk Analytical Engine, membuat dengan mengadopsi ide dari teknologi pada peradaban Yunani Kuno. Beliau membuat program bersama temanya yaitu Putri dari Lord Byron dan Byron Countess dari Lovelace.

Pada zaman dahulu Saat programmer masih menjadi hal yang baru, seorang Programmer memerintahkan komputer secara fisik menggunakan metode pengkabelan dan wiring secara manual, Kemudian berkembang hingga menjadi bahan pemrograman sederhana. Kualitas dan fitur berkembang dan bertambah dengan pesat.

pada tahun 1880 Herman Hollerith menemukan rekaman data yang dapat dibaca oleh mesin, beliau memperkenalkan Kartu Hollerith, menciptakan Tabulator dan mesin Keypunch, dan mendirikan Tabulating Machine Company pada tahun 1896 yang kemudian menjadi inti dari IBM.

Pada tahun 1950-an terciptalah komputer modern yang sudah menggunakan tenaga listrik. Pada masa itu Komputer merupakan barang yang sangat mewah dan hanya orang-orang tertentu yang memilikinya, seperti pihak militer dan pihak yang memerlukan perhitungan data yang sangay banyak. Secara fisik pada jaman dahulu, komputer sangat memakan tempat karena berukurang yang sangat besar.

Konrad Zuse pada masa itu merupakan salah satu tokoh yang mengeluarkan isu perlunya dibangun Perangkat lunak pada komputer agar mempermudahkan pekerjaan. Setelah isu tersebut, dunia pemrograman mengalami perkembangan yang sangat pesat dan ditemukan komponen-komponen elektonika menyebabkan komputer dapat memiliki ukuran yang kecil, hal itu dikarenakan penemuan teknologi Integrated Circuit dan teknologi chip lainnya.

Waktu ke waktu ukuran komputer semakin mengecil dan kemampuan komputer itu sendiri juga semakin menigkat, komputer juga mampu menangani pemrosesan algoritma dengan lebih cepat. Dari sinilah awal mulanya bahasa pemrograman tingkat tinggi.

Bahasa pemrograman tingkat tinggi yang pertama kali muncul adalah FORTRAN yang dibuat oleh tim IBM, yang diketahui oleh John W Backus. Pada tahun 1954, FORTRAN diciptakan dengan bahasa pemrograman tingkat tinggi untuk memiliki implementasi fungsional, dibandingkan dengan hanya desain di atas kertas. Ini memungkinkan programmer untuk menentukan perhitungan dengan memasukan formula secara langsung. FORTRAN saat ini masih banyak digunakan untuk membuat software yang mampu menangani perhitungan numerik. FORTRAN terbaru adalah FORTRAN 2004. Semenjak itu banyak bahasa lainya yang dikembangkan termasuk beberapa program untuk komersial seperti COBOL.

Dunia pemrograman kembali ber-evolusi ketika Dennis Ritchie dan Brian Kernighan mengembangkan bahasa pemrograman C. Bahasa Pemrograman C pada awalnya dibuat untuk mesin DEC PDP-11. Bahasa tersebut kemudian dikembangkan oleh Bjarne Stroustrup hingga menjadi Bahasa Pemrograman C++ di tahun 1985 sebagai bahasa pemrograman berorientasi objek yang sangat kompatibel dengan C.

Semenjak adanya bahasa pemrograman C, banyak bahasa pemrograman yang terinspirasi dengan bahasa C membuat mereka memiliki fitur C-Like (Mirip C). setelah itu, Sun Microsystem mengeluarkan bahasa pemrograman Java di tahun 1995 yang kemudian menjadi terkenal karena diajarkan di berbagi universitas dan cross-platformnya. Microsoft kemudian mengeluarkan bahasa C# dalam paket .NET project. Bahasa pemrograman C# merupakan turunan dari C++ dan hampir mirip dengan Java. Tidak berakhir sampai di situ bahasa pemrograman sampai saat ini masih banyak berkeluaran yang menawarkan fasilitas lebih, teknologi yang lebih tinggi dan mudah untuk dipelajari.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *