Pengenalan Bahasa Pemrograman C++

Posted on   Januari 22, 2018   |   Last Modified   September 1, 2018
Pengenalan Bahasa Pemrograman C++

Pengenalan Bahasa Pemrograman C++

Bahasa Pemrograman C++ adalah bahasa Pemrograman Komputer Tingkat Tinggi (High Level Language), tapi C++ juga dimungkinkan untuk menulis Bahasa Pemrograman Tinggkat Rendah (Low Level Language) di dalam pengkodingan.

karena C++ merupakan peluasan dari Bahasa Pemrograman C yang tergolong dalam Bahasa Pemrograman Tingat Menengah (Middle Level Language), yang berarti Bahasa Pemrograman C++ memiliki semua fitur dan kelebihan yang bahasa pemrograman C miliki, termasuk kelebihan Bahasa C yaitu kita dimungkinkan untuk menggunakan Bahasa Pemrograman Assembly di dalam pengkodingan C, dan juga menyediakan fasilitas untuk memanipulasi memori tingkat rendah.

C++ adalah peluasan dan penyempurnaan dari bahasa pemrograman sebelumnya yaitu bahasa C, oleh Bjarne Stroustrup pada tahun 1980. Awal C++ mempunyai nama yaitu “C with Classes” dan berganti nama menjadi C++ pada tahun 1983. Bjarne Stroustrup membuat bahasa pemrograman C++ dengan tambahan fasilitas, yang sangat berguna pada tahun itu sampai sekarang, yaitu bahasa pemrograman yang mendukung OOP (Object Oriented Programming).

C++ dirancang sebagai bias terhadap sistem pemrograman dan embedded sistem, dengan mengutamakan kinerja, kecepatan, efisiensi dan fleksibilitas penggunaan. C++ telah dan sangat berguna dalam banyak hal, seperti pembuatan aplikasi desktop, server dan performance-critical (misalnya switch telepon dan pesawat luar angkasa).

Fitur-fitur C ++

  • Merupakan salah satu bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan di dunia dan hampir semua program di dunia dibuat dengan menggunakan C/C++.
  • Portable. Karena memiliki banyak kompiler yang berjalan di berbagai platform dan secara eksklusif menggunakan Standar Library C++ yang akan berjalan pada banyak platform dengan tidak adanya perubahan fungsi-fungsi pada Library C++.
  • Mendukung Manifest dan Inferred Typing. Fitur tersebut sudah ada semenjak kelahiran C++ pertama hingga C++ Modern saat ini, C ++ memungkinkan fleksibilitas dan juga menyediakan kesederhanaan dalam menulis program.
  • C++ Menawarkan banyak pilihan paradigma. Beberapa adalah paradigm yang sangat terkenal dalam C++ adalah menawarkan dukungan luar biasa untuk Pemrograman Prosedural, Generik, Berorientasi Objek (OOP) dan masih banyak paradigm yang memberikan kemudahan untuk programmer C++.
  • Memiliki dukungan Library yang luar biasa. C++ memiliki Standar Library C++ yang memiliki banyak sekali fungsi dan tidak hanya itu, banyak juga programmer lain yang mengembangkan C++ dan membuat Library tambahan yang sangat berguna.
  • Bahasa yang dikompilasi. C ++ mengkompilasi langsung ke bahasa mesin, yang menjadikanya menjadi salah satu bahasa pemrograman tercepat di dunia.
  • Sekali lagi menawarkan Fleksibilitas dalam mendukung kedua statis dan dinamis type checking. C++ memungkinkan tipe conversions untuk diperiksa disaat mengkompilasi program atau saat jalanya program (run-time).
  • C++ merupakan bahasa turunan dari bahasa pemrograman C, dan C++ dapat menggunakan dan mempunyai semua fasilitas yang ada dalam bahasa pemrograman C tanpa perubahan sedikitpun dalam fungsi-fungsi C. dan juga C++ dapat melakukan pemrograman Assembly langsung di dalam program yang merupakan fitur turunan dari C.
  • Dan masih banyak lagi, kalian akan menyadarinya jika sudah merasakan dan menjadi programmer C++.
Baca :   Pengertian Parameter


2 Replies to “Pengenalan Bahasa Pemrograman C++”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *