Pengertian Parameter

Posted on   Februari 20, 2018   |   Last Modified   Februari 20, 2018
Parameter

Pengertian Parameter

Parameter adalah tempat penyimpanan (variabel) di dalam function, yang digunakan untuk melakukan pemeberian data dari pemanggil ke dalam function. Parameter terletak di antara tanda kurung ( dan ) setelah identitas dari function, dan sebuah function dapat memiliki beberapa parameter yang dipisahkan dengan tanda koma ,.

Function biasanya membutuhkan data untuk beroperasi, Yang biasa kita lalukan dalam mendapatkan data adalah dengan memanggil variabel, tapi kita harus ingat dengan peraturan variabel lokal dalam ruang lingkup. Kita tidak bisa dengan mudah mendapatkan data dari scope lain.

Hal tersebut merupakan satu alasan kenapa parameter itu ada dalam Bahasa pemrograman. Jika kita tidak bisa mendapatkan data dari scope lain secara langsung, kita bisa memberikan data tersebut saat pemanggilan function dengan perantara yaitu parameter.

Jika kita mempunyai variabel int a dalam function utama dan function kustom dengan satu parameter int b, ketika kita memberikan nilai dari variabel int a ke dalam function kustom. Kita dapat menggunakan parameter int b untuk perantara sekaligus tempat yang akan menjadi variabel local dalam function kustom. apa yang terjadi adalah Data dari int a akan di salin ke variabel int b. dengan hal itu function kustom kita akan memiliki data dari scope luar (scope pemanggil). Dan juga data tersebut akan sampai ke tujuan dengan aman.

Parameter dalam Bahasa pemrograman biasanya memiliki 2 jenis, yaitu :

  • Function Parameter / Parameter Formal
  • Argument / Actual Parameter

Jenis-jenis Parameter

Function Parameter

Function Parameter atau juga disebut sebagai Parameter Formal, adalah variabel lokal yang didirikan di dalam deklarasi function (bukan definisi), Yang merupakan tempat penyimpanan nilai dari argument yang diberikan saat pemanggilan function.

Bentuk Umum Penulisan

returnType identitas (Function Parameters){
//…definisi…
}

Function parameter berada di dalam deklarasi function, di antara tanda ( dan ) setelah identitas dari function. di dalam tanda kurung tersebut anda bisa membuat banyak parameter, dan masing-masing dipisahkan dengan tanda koma ,.

Contoh Penulisan

int myFunction(int a) { ... }
double myFunction(double a, double b) { … }
void functionNoReturn(int a, char b, double c) { … }

Argument

Argument adalah parameter yang menyertai pemanggilan function. merupakan tempat dimana anda bisa memberikan data untuk digunakan di dalam function yang dipanggil dan diberikan saat pemanggilan function tersebut.

Pemberian data ke dalam function kustom dapat berupa data langsung, data dari suatu variabel, data dari konstanta, data dari pengembalian function atau merupakan hasil dari operasi. Pemberian data ke dalam function harus mengikuti aturan yang telah ditetapkan oleh function parameter.

Bentuk Umum Penulisan

nama(arguments);

jika lebih dari 1 argument, masing-masing argument akan dipisahkan dengan tanda koma. Pemberian arguments harus sesuai dengan parameter.

Contoh :

myFunction(2) ;
myFuntion(a+b, a+4) ;
myFunction(“Arguments”, ‘A’, variabel) ;

Contoh Program :

#include <iostream>
using namespace std;

void myFunction(int a, int b, int c=20){ // Fuction Parameter atau Parameter Formal
    cout<<a<<endl;
    cout<<b<<endl;
    cout<<c<<endl;
}

int main(){
    myFunction(1,2,3); //Arguments atau Parameter Actual
    return 0;
}

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *