Pengertian Kompilator (Compiler)

Posted on   Januari 22, 2018   |   Last Modified   Juni 4, 2018
Pengertian Kompilator (Compiler)

Pengertian Compiler

Kompilator (Compiler) adalah sebuah program komputer yang berfungsi untuk menterjemahkan kode komputer yang ditulis oleh programmer dalam suatu bahasa pemrograman tertentu menjadi program yang ditulis ke dalam bahasa lain, terkadang beberapa kompilator menerjemahkan program yang programmer tulis ke bahasa yang lebih rendah (seperti: assembly) sebagai perantara atau langsung diterjemahkan ke dalam bahasa mesin. penerjemahan bertujuan untuk membuat sebuah program yang dapat dieksekusi oleh komputer (executable program).

Komputer memiliki bahasa sendiri dan satu-satunya bahasa yang komputer pahami, bahasa tersebut adalah bahasa mesin. setiap kali manusia melakukan interaksi dengan komputer kita selalu berinteraksi melalui program komputer. setiap perintah yang manusia berikan akan diterima oleh program. program yang manusia gunakan untuk berkomunikasi biasanya sudah di kompilasi atau diterjemahkan ke dalam bahasa mesin dengan kompilator agar komputer memahaminya perintah-perintah yang diberikan oleh manusia melalui program tersebut.

Terkadang kompilator tidak hanya bekerja untuk menerjemahkan program, tapi kadang kompilator juga melakukan pengkoreksian terhadap program yang programmer tulis.

Beberapa kompilator menggunakan arsitektur kompilator, yang di dalamnya bukan sebuah program tungal melainkan rangkaian komunikasi antar program dengan tugas mereka masing-masing untuk membuat program yang dapat di eksekusi oleh komputer. Program-pogram yang ada pada Arsitektur Kompilator tersebut adalah :

  1. Kompilator, menerima kode program yang akan menerjemahkan dan menghasilkan bahasa tingkat rendah Assembly.
  2. Assembler, yang akan menerima kode assembly dari tahap kompilator akan diterjemahkan ke dalam bahasa mesin yang dibungkus dalam berkas obyek.
  3. Linker, yang akan menerima berkas obyek yang merupakan keluaran dari tahap assembler untuk digabungkan dengan pustaka Komputer, untuk mengkasikan program yang dapat dieksekusi oleh komputer.
Baca :   Penjelasan dan Konsep OOP (Object Oriented Programming)

Kompilator yang menggunakan arsitekture di atas adalah GCC, FreeBASIC, Clang dan lain-lain.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *