Penjelasan dan Macam-macam Pernyataan Penyeleksian

Posted on   Januari 23, 2018   |   Last Modified   Oktober 21, 2018
Pernyataan Penyeleksian

Penjelasan Pernyataan Penyeleksian

Pernyataan Penyeleksian berfungsi untuk memecahkan persoalan dan mengambil satu keputusan dari beberapa pilihan sesuai kondisi yang sedang dialami program. Substatement di dalam badan pernyataan majemuk akan dieksekusi jika kondisi kebutuhan tersebut terpenuhi.

Alur pembacaan program akan mengalir dari atas ke bawah, melakukan eksekusi pernyataan ke pernyataan oleh CPU. Ketika CPU menemukan pernyataan penyeleksian, sebelum CPU memilih dan mengekseskusi pilihan yang ada, program akan memeriksa kondisi dari program saat itu. Jika kondisi sesuai dengan keadaan program maka pilihan tersebut akan diekseskusi.

Secara garis besar cara kerja pernyataan penyeleksian bisa digambarkan sebagai berikut:

Gambaran jalanya proses pernyataan penyeleksian
Gambaran jalanya proses pernyataan penyeleksian

Untuk conditional expression merupakan bilangan Boolean atau berupa sebuah ekspresi yang menghasilkan bilangan Boolean 1 (true) atau 0 (false), jika kondisi penyeleksian bernilai true maka akan menjalankan pilihan yang ada dan jika semua pilihan bernilai 0 (false) maka akan diabaikan atau memilih pilihan cadangan (else).

Jika anda mengikuti pembelajaran di belajarcpp.com, pada artikel sebelumnya ada satu operator yang bekerja mirip seperti pernyataan penyeleksian, yaitu Operator Ternary.

Kedua hal tersebut memang bekerja mirip satu sama lain, yang berbeda hanyalah bahwa ternary merupakan operasi kondisional yang lebih singkat daripada pernyataan penyeleksian yang dapat menampung banyak pernyataan dan perintah.

Macam-macam Pernyataan Penyeleksian

Dan untuk melakukan penyeleksian terdapat dua macam pernyataan penyeleksian yaitu if dan switch

Pernyataan if

Merupakan salah satu pernyataan dari dua pernyataan penyeleksian, yang memungkinkan kita untuk memanipulasi aliran jalanya eksekusi program berdasarkan kondisi program pada saat itu. Dapat membuat banyak pilihan yang terdiri dari pernyataan tunggal atau majemuk. Kondisi dari pernyataan if berupa bilangan Boolean, jika kondisi sesuai 1 (true) maka pilihan tersebut akan dijalankan jika 0 (false) maka akan mengabaikan atau memilih pilihan alternative yaitu else atau else if.

Pernyataan switch

Baca :   Pernyataan Lompatan

Merupakan pernyataan yang memungkinkan kita memanipulasi aliran program berdasar kondisi program pada saat itu. Pernyataan ini sama dengan pernyataan IF hanya berbeda pada structure penulisanya dan kondisi, dalam switch case kondisi yang dimaksud dapat berupa bilangan bulat, character, enum, dan lain-lain.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *