Penjelasan Pernyataan Penyeleksian IF

Posted on   Januari 23, 2018   |   Last Modified   November 9, 2018
Pernyataan IF

Penjelasan Pernyataan IF

Pernyataan IF adalah salah satu pernyataan penyeleksian yang memungkinkan kita memanipulasi aliran jalannya program berdasarkan conditional expression. Hal ini dapat memungkinkan kita membuat program yang berjalan secara fleksibel sesuai keadaan dari pengguna dan mesin.

Penyeleksian if adalah pernyataan penyeleksian yang mencari kebenaran dari conditional expression yang disebutkan. conditional expression harus berupa bilangan Boolean atau operasi yang menghasilkan bilangan Boolean dan menyatakan benar atau salah atas expression tersebut.

Ketika mesin eksekusi bertemu dengan penyeleksian if maka CPU akan memeriksa kebenaran dari conditional expression yang disebutkan, jika benar (true) maka perintah yang ada di dalamnya akan dijalankan, jika salah (false) maka akan memeriksa pernyataan else if (jika ada), hal itu dilakukan berulang satu demi satu hingga menemukan kondisi yang bernilai benar (true). Jika tidak ditemukan maka akan melakukan perintah pernyataan else. Jika else tidak ada maka pernyataan if secara keseluruhan akan diabaikan.

if(Kondisi){
   Pernyataan;
}else if(Kondisi){
   Pernyataan;
}else{
   Pernyataan;
}

Secara keutuhan penyataan penyeleksian if memiliki bentuk struktur seperti di atas, dan juga ada bagian yang termasuk sebagai opsional (anda bebas untuk menyertakan atau tidak) yaitu else if dan else. Dan setiap bentuk dari pernyataan if memiliki nama-nama yang unik.

Bentuk Pernyataan IF

if(Kondisi){
   Pernyataan;
}

Bentuk Pernyataan IF-ELSE

if(Kondisi){
   Pernyataan;
}else{
   Pernyataan;
}

Bentuk Pernyataan IF-ELSE Majemuk

if(Kondisi){
   Pernyataan;
}else if(Kondisi){
   Pernyataan;
}else{
   Pernyataan;
}

jika badan pernyataan merupakan pernyataan tunggal pada badan pernyataan if kita tidak diwajibkan menggunakan sepasang tanda kurung kurawal { } .

if(Kondisi)
   Pernyataan;
else if(Kondisi)
   Pernyataan;
else
   Pernyataan;

Hal itu dapat dilakukan, kompilator akan menganggap bahwa satu pernyataan setelah pernyataan if, else if atau else akan dianggap sebagai substatement atau badan dari pernyataan tersebut.

Baca :   Pernyataan Switch

Kondisi setelah keyword if atau else if adalah tempat dimana anda menaruh sebuah nilai boolean atau ekspresi seperti perbandingan, logika dan lain-lain yang menghasilkan bilangan Boolean. Badan pernyataan if akan dieksekusi tergantung pada kebenaran dari kondisi

Jika evaluasi ekspresi bernilai benar (true) sesuai kondisi maka program akan melaksanakan perintah (pernyataan) di dalamnya. Jika tidak maka akan diabaikan dan beralih ke pilihan lain atau keluar dari pernyataan penyeleksian if.

else if adalah pilihan alternative dari penyeleksian untuk mencari kondisi yang diinginkan, else if memiliki fungsi yang sama seperti pernyataan if dan diletakan setelah pernyataan if.

else adalah pilihan terakhir yang akan dijalankan jika semua pilihan tidak memiliki nilai benar (true) pada kondisi yang ada. else merupakan pernyataan opsional untuk digunakan berdasarkan kebutuhan, jika tidak menggunakan pernyataan else maka keseluruhan dari pernyataan if akan diabaikan.

Contoh Program :

#include <iostream>
using namespace std ;

int main() {
    int nomer ;

    cout<<"Masukkan [1/2/3] : ";cin>>nomer;
    if (nomer<=0){
        cout<<"kurang dari 1"<<endl;
    }else if(nomer==1){
        cout<<"1"<<endl;
    }else if(nomer==2){
        cout<<"2"<<endl;
    }else if(nomer==3){
        cout<<"3"<<endl;
    }else{
        cout<<"lebih dari 3"<<endl;
    }
    return 0 ;
}

Cara kerja CPU dalam melaksanakan pernyataan if adalah; pertama CPU masuk dan mengevaluasi ekspresi yang tertera pada kondisi pernyataan if, jika bernilai benar (true) maka pernyataan-pernyataan di dalam pernyataan if akan dijalankan, setelah dijalankan maka CPU akan keluar dari keseluruhan pernyataan if.

Jika salah (false) dan disertakan pernyataan else if maka CPU akan mengevaluasi ekspresi pada else if, jika bernilai benar (true) maka akan dijalankan, jika salah (false) akan beralih ke-lainnya, hal itu terjadi berulang-ulang hingga menemukan kondisi yang bernilai benar. jika dari semua pilihan tersebut tidak ada yang memiliki nilai benar (true) maka pernyataan secara keseluruhan if akan diabaikan atau menjalankan pernyataan else jika disertakan.

Baca :   Pernyataan Continue

CPU akan membaca program dari atas kebawah, jika telah menemukan kondisi yang benar (true) maka akan dijalankan dan keluar dari keseluruhan pernyataan if, tidak peduli jika ada pilihan alternative lainnya yang memiliki nilai benar (true) pada kondisi yang dimilikinya.

Nested IF

Merupakan hal yang dimungkinkan dalam bahasa pemrograman C++ yaitu membuat pernyataan IF di dalam pernyataan IF. hal ini dapat memungkinkan anda untuk membuat tahapan penyeleksian yang berlipat-lipat.

Contoh Penulisan

if(kondisi){
     if(kondisi){
          pernyataan;
     }else if{
          pernyataan;
     }else{
          pernyataan;
     }
}else if (kondisi){
     if(kondisi){
          pernyataan;
     }else if{
          pernyataan;
     }else{
          pernyataan;
 }
}else{
     if(kondisi){
          pernyataan;
     }else if{
          pernyataan;
     }else{
          pernyataan;
     }
}

Contoh Kasus :

Suatu perusahaan menjual baju dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Jika kode buku = 1 maka judul buku = Belajar C++, dengan kode Diskon = S, maka harganya 45000, Jika kode Diskon bukan s maka harganya 50000.
  • Jika kode buku = 2 maka judul buku = Belajar C/C++, dengan code Diskon= S, maka harganya 65000, Jika kode Diskon bukan s maka harganya 70000.
  • Jika user memasukan kode Selain kode Buku diatas, maka akan mencetak salah memasukan kode.

Penyelesaian :

#include <iostream>
#include <string.h>
using namespace std;

int main( ){
    char kode,kodeDiskon,namaBuku[30];
    long harga=0;

    cout<<"Kode Buku : ";cin>>kode;
    cout<<"Kode Diskon : ";cin>>kodeDiskon;
    if (kode == '1')    {
        strcpy(namaBuku,"Belajarcpp.com");
        if (kodeDiskon=='S' || kodeDiskon =='s'){
           harga=45000;
        } else {
           harga = 50000;
        }
    } else if (kode=='2') {
        strcpy(namaBuku,"Belajar C++");
        if (kodeDiskon=='S' || kodeDiskon=='s'){
           harga=65000;
        } else {
           harga = 70000;
        }
    } else {
        cout<<"Salah Kode Buku"<<endl;
    }
    cout<<"----------------------"<<endl;
    cout<<"Judul Buku : "<<namaBuku<<endl;
    cout<<"Harga Buku : "<<harga<<endl;
    return 0;
}


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *