Kenapa Bjarne Stroustrup Menciptakan C++

Posted on   Februari 23, 2018   |   Last Modified   Februari 23, 2018
Kenapa Bjarne Stroustrup Menciptakan C++

Mungkin beberapa dari kalian yang tau sejarah C dan C++ juga berfikir mengenai “kenapa si, Bjarne Stroustrup membuat C++ ?”, “kenapa mengambil warisan dari C, Kenapa tidak membuat bahasa yang lain ?”. Sayapun juga mempunyai pertanyaan tersebut. Tetapi sebelum mengetahui tujuan dari Bjarne Stroustrup membuat C++, mari kita ulas sedikit mengenai sejarah Bjarne Stroustrup dengan C++ nya.

Bjarne Stroustrup dilahirkan di kota Aarhus Denmark pada tanggal 30 desember 1950. Bjarne Stoustrup adalah seorang ilmuan komputer yang sangat berpengaruh oleh dunia. Dia menciptakan bahasa pemrograman yang sampai sekarang masih berguna diseluruh penjuru dunia, yaitu menciptakan “C++” (C-Plusplus).

Pada awal mulanya, sebelum C++ dibuat. Bahasa C dikembangken di Bell lab pada tahun 1972 ditulis pertama kali oleh Brian W. Kernighan dan Denies M. Ricthie merupakan bahasa turunan atau pengembangan dari bahasa B yang ditulis oleh Ken Thompson pada tahun 1970 yang diturunkan oleh bahasa sebelumnya, yaitu BCL. Bahasa C, pada awalnya dirancang sebagai bahasa pemrograman yang dioperasikan pada sistem operasi UNIX. Bahasa C merupakan bahasa pemrograman tingkat menengah yaitu diantara bahasa tinggat rendah dan tingkat tinggi yang biasa disebut dengan Bahasa Tingkat Menengah. Bahasa C mempunyai banyak kemampuan yang sering digunakan diantaranya kemampuan untuk membuat perangkat lunak, misalnya dBASE, Word Star dan lain-lain.

Dan kemudian Bjarne Stroustrup Pada tahun 1980 menciptakan C++ di AT&T Bell Laboratories awal tahun 1980-an berdasarkan C ANSI (American National Standard Institute). Pertama kali, prototype C++ muncul sebagai C yang dipercanggih dengan fasilitas kelas. Bahasa tersebut disebut C dengan kelas ( C wih class). Selama tahun 1983-1984, C dengan kelas disempurnakan dengan menambahkan fasilitas pembeban lebihan operator dan fungsi yang mulanya disebut “a better C” kemudian berganti nama pada tahun 1983 menjadi C++. Symbol ++ merupakan operator C untuk operasi penaikan, muncul untuk menunjukkan bahwa bahasa baru ini merupakan versi yang lebih canggih dari C.

Baca :   Biografi Bjarne Stroustrup Pencipta C++

Bahasa C++ adalah bahasa komputer atau bahasa pemrograman yang merupakan pengembangan dari bahasa C kemudian disempurnakan oleh Bjame Stroustrup pada tahun 1980 menjadi 1980 menjadi “c with classes” dan berganti nama menjadi C++ pada tahun 1983. Bahasa C++ diciptakan untuk mendukung pemrograman berorientasi pada objek (Object Oriented Pragramming/OOP) yang tidak dimiliki C. sementara C merupakan bahasa pemrograman terbaik dilingkungannya, bahasa ini tidak memiliki kemampuan OOP.

Kenapa Bjarne Stroustrup Menciptakan C++ ?

Bisa kita lihat tujuan Bjarne Stroustrup dari perbedaan antara C dan C++. Salah satu tujuanya adalah untuk menciptakan bahasa perograman dengan meningkatkan dan menambahkan fitur-fitur baru pada C.

Dan pada 12 Agustus 2010 website Bigthink.com Berhasil mewancarai Bjarne Stroustrup dan menanyakan beberapa hal. salah satunya adalah “Kenapa Bjarne Stroustrup Menciptakan C++” Untuk lebih jelasnya anda bisa menonton video di link bawah langsung dari bigthink.com .tetapi jika yang gak kuat untuk memuat video anda juga bisa baca ulasan singkat yang saya dengar dari wawancara Bigthink.com di bawah ini.

Jadi inti wawancara itu adalah Bjarne Stroustrup menceritakan semua kejadian dengan rinci yang belum pernah saya tau sebelumnya. Sebelum Bjarne Stroustrup menciptakan C++. pada waktu itu Stroustrup melihat orang harus menulis kode mereka langsung di saat bekerja pada hardware. Mereka menulis semua intruksi langsung dengan bit byte dan lain-lain. Bahasa itu sangat khusus. Lalu mereka membuat / membangun bahasa yang cocok untuk manusia dalam bagian-bagian tertentu seperti fortran untuk insinyur dan ilmuawan. Cobalt untuk pengusaha.

Pada pertengahan 60-an sekelompok Norwegia, salah satunya adalah Johan Dahl dan Kristen Nygaard berfikir untuk menciptakan bahasa semacam yang cocok bagi semua profesi manusia. Dan akhirnya mereka membangun SIMULA.

Baca :   cstdio

Dan setelah itu Stroustrup mendapatkan ide yang sederhana untuk mengambil ide dari SIMULA, untuk abstraksi kepentingan umum manusia mewakili hal-hal (OOP). Sehingga manusia bisa dimudahkan. Dan bahasa terbaik pada saat itu adalah bahasa C yang dibuat di Bell Labs Oleh Dennis Ritcie (C tidak cuma terbaik di masa itu, sekarang juga masih bahasa yang tercepat dan terbaik). Stroustrup mengambil kedua ide tersebuat dan menyatukanya. Dan begitulah C++ memiliki kelas seperti SIMULA dan bisa berlari secepat kode C, Sehingga kombinasi sangat berguna.

Begitulah kurang lebih jawaban Bjarne Stroustrup dari wawancara Bigthink.com. selain Bigthink menanyakan tentang “Kenapa …”, BigThink juga menyakan banyak hal lagi, jadi jika ingin mengetahui secara lengkap anda bisa menonton video wawancara Bjarne Stroustrup di :

http://bigthink.com/videos/why-i-created-c


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *