Penjelasan dan Macam-macam Pernyataan Pengulangan

Posted on   Januari 23, 2018   |   Last Modified   Januari 3, 2019
Pernyataan Pengulangan

Penjelasan Pernyataan Pengulangan (LOOP)

Pernyataan pengulangan (LOOP) merupakan salah satu cara untuk memanipulasi aliran program, sehingga kita bisa membuat program yang fleksibel berdsarkan keinginan pengguna. Pernyatan pengulangan berfungsi untuk mengulangi beberapa substatement hingga kondisi terpenuhi. Di dalam bahasa pemrograman C++ kita bisa menggunakan pernyataan for, WHILE dan DO-WHILE.

Bagaimana CPU bekerja dengan Pernyataan Pengulangan

Pada saat CPU bertemu dengan pernyataan pengulangan CPU pertama akan mengevaluasi conditional expression jika bernilai 1 (TRUE) maka CPU akan mengeksekusi substatement tersebut, lalu kembali ke atas untuk memeriksa conditional expression. Jika masih bernilai 1 (TRUE) maka akan mengeksekui substatement itu kembali. Hal itu berlanjut berulang kali hingga conditional expression tersebut bernilai 0 (FALSE).

Aliran Pernyataan Pengulangan
Aliran Pernyataan Pengulangan

Secara garis besar, di atas adalah cara kerja dari pernyataan pengulangan. conditional expression adalah tempat dimana anda dapat menaruh sebuah ekspresi berbentuk bilangan Boolean, dan hanya bilangan Boolean atau operasi yang menghasilkan bilangan Boolean. conditional expression berfungsi untuk menentukan apakah substatement akan dieksekusi. Substatement sebagai badan dari pernyataan pengulangan, kita bebas untuk mengisikan apa saja sebagai perintah untuk dieksekusi oleh CPU.

Macam-Macam Pernyataan Pengulangan

Dalam bahasa pemrograman C++ pernyataan pengulangan secara umum dapat menggunakan pernyataan FOR, WHILE dan DO-WHILE

WHILE Merupakan salah satu pernyataan pengulangan, yang akan mengulangi sejumlah perintah berulang kali selama conditional expression bernilai TRUE.

DO-WHILE Adalah pernyataan yang akan mengulangi pernyataan sebagai perintah pada badan pernyataan pengulangan, Secara berulang kali. Berbeda dengan pernyataan di atas yaitu WHILE karena DO-WHILE akan mengeksekusi terlebih dahulu sebelum mengevaluasi conditional expression untuk kelanjutanya.

FOR Adalah salah satu pernyataan pengulangan yang akan mengulangi sejumlah pernyataan pada badan pernyataan pengulangan. FOR akan membutuhkan 3 buah conditional expression untuk menjalankanya.

Baca :   Dasar Input Output pada C pada CLI


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *