Komentar dalam C++

Posted on   Januari 22, 2018   |   Last Modified   September 4, 2018
Komentar dalam C++

Tidak hanya pada bahsa pemrograman C++ yang menyediakan fitur Comment (Komentar), hampir di setiap bahasa pemrograman menyediakan fitur Comment. Semua karakter yang tergolong dalam komentar tidak akan dibaca oleh CPU, dan tidak dilaksanakan sebagai peritah oleh CPU atau dengan nama lain akan diabaikan.

Komentar dalam kode program biasanya digunakan oleh para programmer untuk memberi tanda atau keterangan pada kode program yang dia kembangkan, agar mudah dibaca, dipahami dan dimengerti terutama untuk programmer lainya jika kita sedang bekerja dalam suatu team, karena tidak semua programmer mempunyai jalan pikiran yang sama dalam pembuatan algoritma, hal ini sangat beguna untuk memberitahu dengan menggunakan bahasa manusia dan mempermudahkan pada orang untuk mempelajari apa yang ada di dalam kode program yang telah kita tulis.

C++ menyediakan dua macam fitur komentar yaitu single-line dan multi-line. kedua cara tersebut bisa kita gunakan dan tidak akan mempengaruhi jalanya program, atau dengan kata lain yaitu CPU akan mengabaikan semua karakter dalam bentuk komentar yang anda buat.

Single-line : dengan tanda //

Cara komentar diatas akan membuat semua karakter setelah tanda // dan hanya di baris itu akan berlaku menjadi komentar. Biasanya cara ini digunakan untuk menandai atau memberi keterangan pada kode di baris itu.

Contoh Penulisan

std::cout<<”BelajarC++”<<std::endl;  //ini komentar. pernyataan di samping akan mencetak “BelajarC++” di layar.

Atau

//ini komentar, pernyataan di bawah akan mencetak “BelajarC++” di layar.
std::cout<<”BelajarC++”<<std::endl; 

Contoh Program

#include <iostream>
using namespace std;

int main(){
    //cetak "belajarcpp"
    cout<<"belajarcpp"<<endl; //Komentar
    //Komentar
    return 0;
} //akhir

Multi-line : diapit oleh /* dan */

Merupakan fitur komentar yang diturunkan oleh Bahasa Pemrograman C, cara di atas akan membuat semua karakter di antara tanda /* dan */ akan berlaku sebagai komentar. Jika cara single line tidak cukup untuk memberi keterangan (komentar) yang membutuhkan berbaris-baris atau membuat komentar menggunakan break line agar mudah untuk di baca, maka kita dapat menggunakan cara komentar multi-line.

Baca :   Kenapa Bjarne Stroustrup Menciptakan C++

Contoh Penulisan :

/*komentar anda, 1 baris */
/*komentar anda untuk 4 baris
baris 2
baris 3
baris 4*/

Contoh Program

#include <iostream>
using namespace std;

/* program ini adalah contoh program penggunaan fitur komentar multi line.
meskipun anda menulis sebanyak mungkin di dalam fitur komentar ini
kompiler akan mengabaikan semua karakter di dalam komentar.
Komentar multi line akan berakhir sampai tanda */

int main(){
    cout<<"belajarcpp"<<endl;
    return 0;
} //akhir

Fitur komentar biasanya juga digunakan untuk menandai pernyataan dari algoritma yang bermasalah, Menghilangkan sementara pernyataan dari dalam baris eksekusi kompilator agar tidak dibaca oleh kompilator. Kadang hal ini berguna untuk menghilangkan sementara pernyataan bermasalah, agar dapat diperbaiki lain waktu dan membuat program masih tetap berjalan dengan baik tanpa pernyataan itu.

Dalam artikel berikutnya penulis akan sering menggunakan fitur komentar di dalam contoh kode program untuk mempermudah penulis menjelaskan dan juga mempermudah anda membaca contoh program.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *