Penjelasan dan Contoh Pernyataan Do-while

Posted on   Januari 23, 2018   |   Last Modified   Januari 3, 2019
Pernyataan Do-while

Penjelasan Do-while

Do-while adalah salah satu pernyataan pengulangan yang memungkinkan kita untuk membuat program berjalan secara fleksibel berdasarkan keinginan pengguna. Do-while berfungsi untuk mengulangi pengeksekusian beberapa substatement berdasarkan conditional expression yang ada. Do-while berbeda dengan pernyataan while. Do-while pertama kali akan mengeksekusi pernyataannya terlebih dahulu, setelah itu baru akan memeriksa conditional expression.

Cara Mendirikan Pernyataan Do-while

Contoh Penulisan

do{
 pernyataan;
 …
}while(kondisi);

Di atas adalah penulisan pernyataan pengulangan do-while. Untuk membuat pernyataan do-while diawali dengan kaya kunci do dan setelah itu diikuti dengan penulisan pernyataan sebagai perintah yang dapat dilakukan oleh CPU. Perintah tersebut dikurung dengan sepasang tanda kurung kurawal { } , tapi jika perintah atau badan dari pernyataan do-while hanya mengandung 1 pernyataan maka kita tidak diwajibkan untuk menggunakan sepasang tanda kurung kurawal.

setelah semua itu, pada bagian kaki pernyataan do-while terdapat kata kunci while dan diikuti dengan conditional expression yang dikurung dalam sepasang tanda kurung ( ) . Dan disertakan tanda titik koma ; pada akhir pernyataan do-while.

Kondisi merupakan conditional expression adalah tempat dimana kita menuliskan ekspresi dalam bentuk bilangan Boolean atau operasi yang menghasilkan bilangan Boolean. Jika conditional expression bernilai 1 (true) maka pengulangan akan terjadi jika 0 (false) maka pengulangan tidak akan terjadi atau berhenti.

Cara CPU bekerja pada pernyataan Do-while

Aliran pernyataan pengulangan do-while
Aliran pernyataan pengulangan do-while

Di atas adalah gambar bentuk cara kerja CPU pada pernyataan Do-while. Pada saat CPU bertemu dengan penyataan pengulangan Do-while. CPU akan langsung mengeksekusi pernyataan-pernyataan yang berada pada badan dari pernyataan do-while.

Untuk pengulangan kedua kali dan seterusnya CPU akan memeriksa conditional expression. Jika conditional expression bernilai 1 (true) maka akan kembali untuk mengeksekusi pernyataan tersebut, hal itu akan berlangsung berulang-ulang hingga conditional expression bernilai 0 (false) dan keluar dari pernyataan do-while sepenuhnya.

Baca :   Penjelasan dan Macam-macam Pernyataan Pengulangan

Meskipun conditional expression sejak awal bernilai (false, CPU akan tetap menjalankan isi dari badan pernyataan do-while, tapi tidak melakukanya dua kali, karena putaran selanjutnya ditentukan oleh conditional expression.

Contoh Program

#include <iostream>
using namespace std;

int main()
{
    int pilihan = 1;
    do{
        cout<<"Masukan nomer : ";cin>>pilihan;
    }while(pilihan<=10);

    return 0;
}

Di atas adalah contoh program yang akan berjalan dan meminta pengguna untuk memasukan angka acak, jika pengguna memasukan angka 11 kebawah maka permintaan pemasukan akan terus berlangsung tapi jika memasukan angka 10 ke atas maka pengulangan akan berhenti.


One Reply to “Penjelasan dan Contoh Pernyataan Do-while”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *