iostream.h vs iostream

Posted on   Maret 11, 2018   |   Last Modified   Mei 31, 2018

iostream.h vs iostream

Pernahkah Anda mengalami error di atas? Kode yang saya ketikkan sudah benar mengapa error? Apa yang salah?

Kesalahan di atas banyak terjadi pada newbie yang baru saja migrasi dari compiler borland (seperti Turbo C++ atau Borland C++) atau bagi yang salah beli panduan.

iostream.h adalah file header C++ yang terdapat pada compiler Turbo C++ dan Borland C++. File header tersebut ada sebelum standardisasi C++ tahun 1998 dan tidak tersedia di semua platform. Kemudian sejak standar C++ dibuat pada tahun 1998, file header iostream-lah (tanpa ekstensi “.h”) yang digunakan sedangkan iostream.h sudah dianggap deprecated (usang).

Pada compiler modern, file header C++ tidak memiliki ekstensi “.h” dan semua fungsi-fungsi serta class-class berada dalam namespace std. namespace adalah kata kunci yang digunakan untuk mengelompokkan nama tipe, fungsi, dan lain-lain. Jadi, untuk menggunakan atau memanggil fungsi pada standard library C++ harus menggunakan “using namespace std” atau std::[nama_fungsi_atau_class].

Pada source code screenshot di atas masih terdapat satu kesalahan, yaitu “void main”. Tipe data untuk fungsi main pada modern compiler adalah int dan mengembalikan nilai 0 (return 0).

Berikut contoh penulisan kode-kode yang benar pada modern compiler.

#include <iostream>

using namespace std;

int main() {
    cout << "hello world\n";
    
    return 0;
}

atau

#include <iostream>

int main() {
    std::cout << "hello world\n";
    
    return 0;
}
Baca :   Flush Buffer - fflush(stdin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *