Belajar React Native untuk Membuat Aplikasi Smartphone

Posted on   November 28, 2019   |   Last Modified   November 28, 2019
Belajar React Native untuk Membuat Aplikasi Smartphone

Pengertian dan Alasan Belajar React Native

React Native adalah framework yang berasal dari JavaScript yang ditujukan untuk mengembangkan aplikasi mobile pada sistem operasi Android dan iOS. React Native dikembangkan oleh Facebook menggunakan bahasa pemrograman yang disebut JSX. framework ini dapat membuat aplikasi yang benar-benar native bukan berbentuk webApp bahkan tidak ada bedanya sama sekali dengan aplikasi native secara tampilan dan fitur.

Belajar React Native untuk Membuat Aplikasi Smartphone
Belajar React Native untuk Membuat Aplikasi Smartphone

Penggunaan framework ini untuk membangun aplikasi dinilai lebih efisien dari segi waktu dan biaya karena bahasa pemrograman yang digunakan untuk iOS dan Android sama sehingga pengembangan bisa dilakukan bersamaan. Satu tim developer dapat bekerja dalam dua environment yang berbeda untuk membangun sebuah aplikasi. Komunitas developer React Native juga sangat besar dan tersebar di seluruh dunia. Kita bisa menemukan resource gratis dan saling bertukar pikiran untuk memecahkan masalah.

React Native memiliki fitur hot reloading dimana kita dapat melihat tampilan dari aplikasi yang dikerjakan secara langsung sehingga tidak perlu menunggu lama dan dapat melakukan perbaikan sesegera mungkin. Perubahan yang dibuat akan langsung terlihat dalam beberapa saat.

Hal-hal tersebut menjadi alasan mengapa kita harus belajar React Native terlebih lagi bagi yang berprofesi sebagai pengembang aplikasi mobile.

Instalasi React Native di MacOS

Sebelum memasang React Native di komputer, ada beberapa program yang perlu diinstal terlebih dahulu yakni Java Development Kit atau JDK dan Android Studio untuk mengembangkan aplikasi Android. Silakan ikuti tutorial di website resmi program tersebut. Selain itu, kita juga harus menginstal NodeJS agar dapat menjalankan React Native.

Belajar React Native untuk Membuat Aplikasi Smartphone
Belajar React Native untuk Membuat Aplikasi Smartphone
  1. Jalankan terminal (buka applications > utilities > terminal) kemudian ketikkan ‘npm install.’ Silakan tunggu beberapa saat hingga selesai terpasang.
  2. Setelah selesai, masukkan command ‘npm start.’
  3. Sistem akan meminta persetujuan untuk membuka browser. Klik OK.
  4. Akan terbuka tab baru di browser seperti pada tampak kanan, yang menandakan React Native telah terpasang.
  5. Kita bisa menggunakan text editor apa saja untuk mengembangkan aplikasi mobile seperti Visual Code Studio atau Sublime.
  6. Kita bisa membuat aplikasi baru atau mengunduh aplikasi bawaan dari React Native dengan perintah ‘react-native init (nama file tanpa spasi)’.
Baca :   Biografi Bjarne Stroustrup Pencipta C++

Ketika mengerjakan sebuah aplikasi, kita bisa melihat tampilan yang sedang dikerjakan menggunakan emulator maupun perangkat asli. Emulator dapat diunduh melalui Android Studio dan jenis device serta sistem operasi dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Jika merasa komputer cukup cepat dan kuat, gunakan emulator agar lebih efisien.

Jika peforma komputer terasa berat menggunakan emulator, maka gunakan perangkat asli dan aktifkan fitur USB debugging. Sambungkan perangkat ke komputer menggunakan USB dan tunggu hingga tampilan aplikasi muncul di perangkat cerdas Anda.

Belajar React Native di Udemy

Jika kamu ingin belajar React Native lebih dalam lagi, silakan mengambil kursus online di Udemy yang berjudul “The Complete React Native + Hooks Course” yang dibimbing oleh Stephen Grider, pengembang aplikasi senior yang menjelaskan secara terperinci setiap detail yang perlu diketahui.

Kita juga akan dibimbing untuk membuat berbagai aplikasi mini yang dapat digunakan agar dapat meresapi lebih dalam React Native. Udemy juga memiliki fitur Q&A dimana kita bisa langsung mengajukan pertanyaan ke mentor dan pengguna lain terkait permasalahan yang dialami selama belajar.

Tersedia berbagai metode pembayaran yang dapat digunakan seperti transfer ATM dan debit. Bagi yang belum punya akun bank, kursus di Udemy dapat dibayar melalui Alfamart dan Indomaret. Untuk kursus yang disediakan Udemy tidak memiliki batasan waktu sehingga kita bisa mengakses kapan saja. Juga tersedia kelas lain untuk melengkapi pengetahuan di dunia komputer seperti network engineering, web development, UI/UX, dan sebagainya.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *