Bagaimana Cara Memulai Belajar Bahasa Pemrograman?

Posted on   Maret 4, 2018   |   Last Modified   Maret 5, 2018
Bagaimana Cara Memulai Belajar Bahasa Pemrograman?

Bagaimana Cara Memulai Belajar Bahasa Pemrograman?, apa yang pertama kali harus diketahui/dikuasai? merupakan pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanya oleh nubie yang ingin belajar bahasa pemrograman. Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut pun bervariasi. Ada yang jawab harus belajar logika dan algoritma dulu, ada yang jawab harus belajar bahasa inggris dulu dan lain sebagainya. Mungkin Anda bingung mana yang harus dilakukan karena jawabannya terlalu bervariasi.

Sebelumnya pertanyaan yang perlu Anda tanyakan pada diri Anda adalah “Apa yang memotivasi Anda belajar bahasa pemrograman?”. Jika jawabannya adalah untuk menjadi kaya seperti Bill Gates, sebaiknya Anda tidak melanjutkan membaca artikel ini.

Dari sekian banyak jawaban yang Anda dapatkan, baik dari forum, group ataupun teman Anda, jawaban yang tepat adalah Anda harus paham bahasa inggris terlebih dahulu. Kenapa? Alasan utamanya adalah sumber belajar yang paling banyak tersedia dalam bahasa inggris. Bahkan dokumentasi dan perintah-perintah bahasa pemrograman itu sendiri dalam bahasa inggris. Jadi, jika Anda tidak paham bahasa inggris, bagaimana mau mempelajari bahasa pemrograman tersebut lebih dalam? Alasan kedua adalah sumber belajar bahasa pemrograman dalam bahasa indonesia tidak begitu lengkap dan terbatas. Untuk kalian yang belum paham bahasa inggris, dapat mencari sumber belajar bahasa pemrograman dalam bahasa indonesia, baik dari blog ataupun dari buku dengan sambil belajar dan mengasah kemampuan berbahasa inggris Anda.

Pertanyaan yang akan muncul selanjutnya adalah bahasa pemrograman apa yang harus dipelajari terlebih dahulu? atau bahasa pemrograman apa yang cocok dipelajari seorang pemula? Tidak ada jawaban yang mutlak untuk pertanyaan ini. Anda dapat mulai dari mempelajari bahasa pemrograman apapun yang Anda sukai. Bahasa pemrograman yang disarankan untuk dipelajari oleh pemula adalah bahasa pemrograman yang sederhana dan terdapat banyak sumber belajarnya, seperti C dan Python. Bagi Anda yang belum mempunyai gambaran tentang dunia pemrograman, dapat mulai dari C atau Python. Jika Anda sudah punya gambaran apa yang akan dicapai, seperti ingin jadi web developer, Anda bisa mulai dari mempelajari JavaScript atau jika ingin jadi game developer, Anda bisa mulai dari bahasa C++.

Baca :   Biografi Bjarne Stroustrup Pencipta C++

Bagaimana dengan logika dan algoritma? Mungkin sebagian dari Anda mendapatkan jawaban bahwa harus mulai dari logika dan algoritma sebelum ke bahasa pemrograman itu sendiri. Tidak ada yang salah dengan itu jawaban itu, Anda dapat mulai dari logika dan algoritma jika Anda mau. Tapi untuk yang otodidak, akan lebih baik langsung ke bahasa pemrogramannya. Karena logika dan algoritma akan dipelajari seiring Anda belajar bahasa pemrograman. Dengan sering-sering problem solving (mengerjakan soal-soal pemrograman) dan membuat projek kecil-kecilan, maka logika dan algoritma Anda akan lebih terasah lagi.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *