Penjelasan Mengenai Bahasa Pemrograman Sejarah, Tingkatan, dan Macam-macam Bahasa Pemrograman

Written by: Fajar   |   Updated on: Januari 15, 2021
Penjelasan Mengenai Bahasa Pemrograman Sejarah, Tingkatan, dan Macam-macam Bahasa

Apakah anda tau bahwa teknologi yang ada pada saat ini, Seperti halnya Aplikasi telepon genggam, alat komunikasi, robot dan lain sebagainya yang selalu membantu kita melakukan banyak hal, dibuat dan ditulis menggunakan Bahasa pemrograman?

Terlebih lagi, saat ini manusia semakin ketergantungan dengan teknologi, semua aktifitas yang kita lakukan sudah terfasilitasi dengan teknologi yang ada dan mudah, begitu pula dengan masa depan kita. Tapi apakah anda tau apa sebenarnya Bahasa pemrograman yang berperan penting dalam teknologi?

Penjelasan Mengenai Programming Language

Bahasa Pemrograman merupakan alat komunikasi manusia kepada komputer yang memungkinkan kita memerintah sebuah komputer, atau lebih tepatnya merupakan alat Bahasa dalam bidang teknologi yang mengandung sejumlah kosa kata dan peraturan gramartikal yang bisa kita gunakan untuk mengimplementasikan algoritma dan memerintahkan komputer atau berbagai mesin lainnya untuk melakukan tugas tertentu yang akan menghasilkan hasil yang diinginkan.

Dengan kata lain, Program yang kita tulis dapat memerintah dan sekaligus mengubah sifat atau perilaku dari suatu mesin susuai apa yang kita inginkan.

Bahasa pemrograman yang kita bicarakan bukan hanya ada satu buah tapi ada banyak macam Bahasa pemrograman. Pada 10 Desember 2020, terdapat sekiranya 700 bahasa pemrograman yang telah terdaftar di Wikipedia, tapi jika digabungkan dengan Bahasa pemrograman di luar itu maka akan tidak terhitung jumlahnya.

Tapi sebagian besar dari Bahasa pemrograman yang ada, mereka merupakan turunan dari Bahasa pemrograman lainnya, biasanya mereka terinspirasi dan meningkatkan suatu Bahasa pemrograman yang sudah ada, powerful, dan popular.

Sejarah Bahasa Pemrograman

Untuk mengenal Bahasa pemrograman lebih baik tidak salahnya untuk mengetahui sejarah dari Bahasa pemrograman, kalian bisa membaca sebuah artikel yang penulis sudah buat mengenai Sejarah pemrograman melalui tombol ini: Sejarah Bahasa Pemrograman.

Baca :   Apa itu Front-end Development? Keahlian dan Tugas yang dimiliki

Peringkat dari Bahasa pemrograman

Berdasarkan sejarahnya, Bahasa pemrograman berevolusi seiring dengan waktu yang membuat sebuah tingkatan jenis Bahasa. Dan berikut adalah macam-macam Level atau peringkat pada Bahasa pemrograman:

  1. Machine Language, merupakan Bahasa native dari komputer, satu-satunya Bahasa yang komputer pahami dan hanya memiliki dua symbol, yaitu 0 dan 1.

    Contoh: 01000001 jika diartikan ke Bahasa manusia maka akan memiliki arti sebagai huruf “A”, begitu pula dengan representasi semua simbol yang ada pada Bahasa manusia.

    Seperti apa yang kita lihat, Machine language adalah Bahasa yang sulit untuk digunakan oleh manusia untuk komunikasi dengan komputer, karena itu ilmuan pada masa lalu mencoba membuat Bahasa alternative yang bersahabat dan mudah untuk digunakan sebagai alat Bahasa untuk manusia, alternative tersebut merupakan level Bahasa pemrograman yang lebih tinggi, dan mereka dibuat tanpa menghilangkan keberadaan dari machine language atau Bahasa tingkatan yang lebih rendah.

  2. Low-Level Programming Language atau disebut sebagai Assembly Language, merupakan Bahasa satu tingkat lebih tinggi dari Machine language yang menyertakan banyak kosa kata yang cukup mudah dibaca untuk manusia, seperti mov, add, sub dan lain sebagainya. Tapi tingkatan ini masih tergolong tingkatan Bahasa yang rumit untuk manusia.

  3. High-Level Programming Language, Dimana semuya Bahasa dengan tingkatan paling tinggi berada, yang mudah dipahami, dibaca dan digunakan oleh manusia. Bahasa-bahasa di sini menggunakan kata-kata yang ada pada Bahasa Inggris. Contoh Bahasa pemrograman yang menggunakan tingkatan ini adalah Bahasa C, C++, Java, Python, PHP, dll

Seperti yang sudah dikatakan di atas, Tingkatan Bahasa yang lebih tinggi tidak menggantikan keberadaan dari tingkatan Bahasa yang lebih rendah, Tingkatan yang lebih tiggi adalah sebuah fasilitas untuk programmer dalam menggunakan Bahasa yang lebih mudah untuk digunakan.

Baca :   Bagaimana Cara Memulai Belajar Bahasa Pemrograman?

Pada kenyataannya, tingkatan yang lebih rendah masih sering digunakan, dan bahkan sering menjadi perantara dari tingkatan tertinggi ke tingkatan paling rendah. Dengan kata lain, setiap kali perintah komputer dijalankan, maka tingkatan Bahasa yang lebih tinggi akan dikonversi ke tingkatan lebih rendah hingga sampai dengan Machine language, alat konversi disebut dengan ”Compiler”.

Top 10 Programming Languages

Saat ini terdapat banyak sekali Bahasa pemrograman, kenyataanya keberadaan dari setiap Bahasa tidak memiliki tujuan yang sama persis dengan yang lain, setiap Bahasa memiliki keunikan dan fasilitas kebanggaanya.

Dan di bawah ini penulis memberikan 10 daftar Bahasa pemrograman yang popular dengan menyertakan fungsinya, survey ini penulis ambil dari TIOBE index untuk Desember 2020.

  1. C: Desktop, Embedded system, dan Mobile.
  2. Java: Web, Mobile, dan Desktop.
  3. Python: Artificial intelligence, Financial service, dan Data Science.
  4. C++: Desktop, Mobile, Embedded system, Games, dan Mathematical simulations.
  5. C#: Web, Mobile, Desktop, dan Games.
  6. Visual basic: Desktop, dan Data science.
  7. Javascript: Web dan Mobile.
  8. PHP: Web development.
  9. R: Data science, dan Mathematical simulation.
  10. SQL: Data science, dan Data management.

Kesimpulan

Suatu Bahasa akan dianggap sebagai Bahasa pemrograman jika memiliki karakteristik seperti:

  1. Bahasa pemrograman harus memungkinkan untuk mengekspresi semua kemungkinan algoritma yang ada.
  2. Bahasa pemrograman berbeda dengan Bahasa manusia yang digunakan untuk komunikasi dengan sesame manusia, tapi Bahasa pemrograman memungkinkan manusia untuk berkomunikasi dengan mesin, lebih tujukan untuk menulis sebuah program yang melibatkan performa komputasi atau algoritma dan memungkinkan kita untuk mengendalikan berbagai mesin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *