10 Peringkat Bahasa Pemrograman Terpopular di 2021 yang wajib kamu kuasai

Written by: Fajar   |   Updated on: Maret 8, 2021
10 Peringkat Bahasa Pemrograman Terpopular di 2021 yang wajib kamu kuasai

Bahasa Pemrograman adalah sebuah alat yang berbentuk seperti halnya Bahasa dan terdiri dari banyak kata kunci yang digunakan untuk berkomunikasi atau memerintah komputer. Bahasa dari pemrograman tidak hanya ada satu alat atau Bahasa tapi terdapat banyak macam Bahasa pemrograman yang disediakan.

Di dunia sekarang ini, terdapat sekiranya 700 Bahasa pemrograman yang telah tedaftar di Wikipedia, tapi jika digabungkan dengan Bahasa pemrograman di luar itu, maka akan tidak terhitung jumlahnya. Meskipun dari banyaknya jumlah tersebut pasti dapat kita urutkan berdasarkan pengguna terbanyak. Berikut adalah 10 Peringkat Bahasa pemrograman yang paling populer di tahun 2021 dan wajib kamu kuasai sebagai Programmer handal.

Peringkat Top 10 Bahasa Pemrograman Terpopuler di tahun 2021

1. C

C adalah sebuah Bahasa pemrograman General-purpose dan Prosedural yang dibuat pada tahun 1972 oleh Dennis MacAlistair Ritchie di Laboratorium Bell Telephone untuk pengembangan sistem operasi UNIX.

Merupakan Bahasa pemrograman yang tekuat pada saat ini, Bahkan dari tahun 1986, Bahasa pemrograman C selalu berada di posisi teratas sebagai suatu Bahasa Pemrograman yang paling terpopuler, berpengaruh dan powerful. Karena hal itu, sampai sekarang Bahasa ini merupakan Bahasa yang paling banyak digunakan di dunia.

2. Java

Java adalah sebuah Bahasa pemrograman General-purpose dan berbasis Class atau OOP (Object-Oriented Programming), dan bukan hanya Bahasa pemrogramman tapi juga merupakan sebuah Platform. Didirikan pada tahun 1995 oleh Sun Microsystems anak perusahaan dari Oracle.

Dan merupakan Bahasa pemrograman yang selalu berkompetisi dengan Bahasa pemrograman C semenjak tahun 2001 hingga sekarang, memang kedua ini adalah Bahasa pemrograman yang populer dan banyak digunakan di dunia.

3. Python

Python adalah sebuah Bahasa pemrograman High-level, General-purpose interpreted, interactive, dan OOP. Diciptakan oleh Guido van Rossum pada tahun 1985.

Baca :   Penjelasan dan Contoh Program DFA (Deterministic Finite Automaton) dengan Bahasa C

Merupakan Bahasa pemrograman yang dibuat dengan keunikan, yaitu sebuah Bahasa pemrograman yang mudah dibaca, memang semua sintak, kata kunci dan strukturnya menyerupai sebuah Bahasa Inggris pada umumnya, hal ini merupakan alasan utama kenapa Python digunakan luas oleh orang di dunia. Bahkan para pelajar, tenaga professional yang bukan merupakan lulusan IT dapat dengan mudah menggunakan Python.

4. C++

C++ adalah Bahasa pemrograman General-purpose yang dibuat oleh Bjarne Stroustrup yang merupakan pelebaran atau extension dari Bahasa Pemrograman C, atau bisa disebut sebagai C dengan Kelas. Dengan adanya C++ kita dapat menggunakan C dengan fitur OOP dan bahkan terdapat banyak tambahan fitur lainnya.

Banyak orang menggunakan Bahasa pemrograman C++ karena alasan performa dan kecepatan yang disediakan. Bahasa ini sering digunakan untuk pemrograman perangkat keras dan backend. Dan bahkan kita dimungkinkan untuk menggunakan fitur Low-level Language pada Bahasa ini.

5. C#

C# adalah sebuah Bahasa Pemrograman General-purpose, Multi-paradigm, Strong typing, Lexical scoped, Imperative, Declarative, Functional, Genetic, OOP and Component-oriented. Dibuat pada tahun 2000 oleh Microsoft dan merupakan bagian dari platform .NET.

Bahasa ini merupakan Bahasa pemrograman yang yang terkenal untuk membuat Video Games.

6. Visual Basic

Visual Basic adalah generasi ketiga dari Event-driven programming language dibuat oleh Microsoft untuk sistem operasi Windows, pada dasarnya Visual Basic mewarisi Bahasa pemrograman BASIC yang dikenal sebagai Bahasa yang mudah dibaca karena kata kunci dan sintak yang menyerupai Bahasa Inggris seperti halnya Python.

7. JavaScript

JavaScript adalah sebuah Bahasa High-level, Just-in-time compiled, dan multi-paradigm dibuat oleh Brendan Eich pada tahun 1995. Sebuah Bahasa yang memungkinkan kita untuk mengimplementasi fitur kompleks pada halaman Web digunakan bersamaan dengan HTML dan CSS, yang akan memberikan kesan halaman web yang interaktif karena memungkinkan kita untuk membuat pembaruan konten otomatis, Animasi 2D/3D, Video dan lain-lain.

Baca :   Lowongan pekerjaan Senior Software Developer - Paques (PT. Informatika Solusi Bisnis)

8. PHP

PHP atau disebut sebagai Hypertext Preprocessor, adalah sebuah Bahasa Pemrograman General-purpose dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995 yang digunakan untuk melakukan pengembangan Web yang berlokasi pada server-side. Bahasa ini cepat, feksibel, pragmatik.

9. SQL

SQL adalah singkatan dari Structured Query Language yang merupakan Bahasa Pemrograman yang dikhususkan untuk melakukan manajemen data pada RDBMS atau Relational Database Management System, yang sangat berguna untuk memproses data struktur. Dibuat oleh Donald D. Chamberlin dan Raymond F. Boyce pada tahun 1974.

10. Assembly Language

Assembly Language sering disingkat sebagai ASM, merupakan Bahasa pemrograman generasi kedua dan Low-level dibuat oleh Kathleen Booth pada tahun 1947. Merupakan Bahasa satu level ke atas dari Bahasa mesin karena merupakan notasi untuk Bahasa mesin yang secara relative dapat dibaca oleh manusia. Bahasa ini digunakan dalam pemrograman Komputer, Mikroprosesor, Pengendali Mikro dan perangkat lainnya.

Referensi: TIOBE Index for February 2021


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *