Cara Membuat dan Penjelasan Program Hello World Bahasa C

Posted on   Desember 21, 2018   |   Last Modified   Desember 21, 2018
Hello World

Pada umumnya hal dasar yang akan dilakukan ketika pertama kali belajar suatu bahasa pemrograman adalah bagaimana cara untuk menampilkan sesuatu di layar. Di awal, kebanyakan buku-buku, pelajaran sekolah, dan tepat lainnya akan mengajarkan cara menampilkan dua kata di layar, yaitu “hello world”.

Membuat program Hello World dan cara menjalankannya

Buka text editor kesukaaan anda, lalu ketik ulang ( jangan copy-paste! ) kode berikut:

/* program hello world */
#include <stdio.h>
 
int main() {
    printf("hello world");
 
    return 0;
}

Lalu simpan sebagai helloworld.c.

Jika anda menggunakan IDE, anda bisa langsung jalankan kode anda dengan tombol run. jika anda menggunakan text editor biasa dengan kompilator terpisah, buka command prompt dengan mengetikkan cmd di run start menu.

Lalu masuk ke folder di mana anda menyimpan helloworld.c.

Lalu ketikkan perintah:

gcc -o helloworld.exe helloworld.c

setelah selesai, ketik perintah di bawah ini untuk menjalankannya:

helloworld.exe

Jika anda menggunakan sistem operasi linux, anda bisa menjalankan program dengan cara berikut.

buka terminal dan kompile dengan cara ketik perintah di bawah ini:

gcc -o helloworld helloworld.c

lalu jalankan dengan programnya dengan cara:

helloworld

dari program di atas akan menampilkan dua kata “hello world” pada layar.

Penjelasan Kode program Hello World

/* program hello world */ pada baris pertama di contoh program di atas, adalah sebuah komentar yang biasa digunakan programmer untuk melakukan dokumentasi pada kode program. sebuah komentar akan dimulai dengan tanda // atau yang di apit dengan tanda /* dan */. semua yang dinyatakan sebagai komentar akan di abaikan oleh compiler

#include <stdio.h> pada baris kedua merupakan sebuah preprocessor. pada pernyataan kode progam di atas menyatakan untuk memberitahukan compiler untuk mengikut sertakan informasi yang ada dalam pustaka stdio.h ke dalam program tersebut.

Baca :   Pernyataan For

int main(){ pada baris ke empat, merupakan sebuah fungsi utama yang akan berlaku sebagai badan program. merupakan satu-satunya fungsi yang dieksekusi dan semua pernyataan di dalam fungsi tersebut akan di eksekusi oleh kompilator.

printf("hello world"); merupakan sebuah fungsi yang digunakan untuk menampilkan tulisan di layar. "hello world" merupakan sebuah argumen yang diberikan kepada fungsi tersebut sebagai dua kata yang akan ditampilkan di layar. dan fungsi printf() merupakan anggota dari pustaka stdio.h.

return 0; merupakan pernyataan yang akan mengembalikan nilai 0 ke fungsi utama, yang menandakan program berjalan dengan sukses.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *