Pengertian dan Macam-Macam Statements ( Pernyataan )

Tags

Pengertian dan Macam-Macam Statements ( Pernyataan ) - Belajar C++

Pengertian Statements / Pernyataan

Statements atau dalam bahasa indonesia adalah Pernyataan. Statements adalah suatu Expresi/Intruksi individu yang ditulis di sebuah program untuk menginstruksi jalan proses program, yang berfungsi untuk memerintahkan bagaimana program berjalan. Bisa kita lihat pada contoh program-program yang kami bagi, bahwa kebanyakan beberapa variabel dan expresi selalu menggunakan akhiran titik koma (;). Dan akan dieksekusi sesuai urutan baris program anda. Statements / Pernyataan memiliki 2 jenis yaitu pernyataan Tunggal dan Majemuk. Dan dibawah ini merupakan pernyataan tunggal sederhana.
Pernyataan;

Kebanyakan pernyataan atau stetment yang khusus satu instruksi yang akan diakhiri dengan titik koma (;), atau ada pernyataan majemuk yang lebih dari satu. Sebuah pernyataan majemuk adalah sekelompok pernyataan yang masing-masing anaknya diakhiri dengan titik koma sendiri-sendiri tetapi mereka semua dikelompokan menjadi satu  kelompok yang menggunakan/diapit dengan kurung keriting/kurung kurawa { }.
(Pernyataan_Utama)
{
   Pernyataan1;
   Pernyataan2;
   Pernyataan3;
}

Satu blok tersebut meskipun mengandung pernyataan yang banyak di dalamnya akan tetap dinyatakan satu atau pernyataan tunggal (terdiri dari beberapa substatements) setiap kali sebuah pernyataan generik adalah bagian dari sintaks dari pernyataan kontrol aliran. ini bisa menjadi sebuah pernyataan sederhana atau pernyataan majemuk.

Baca juga : Struktur dan Bagian-Bagian Program C++

Pernyataan yang anda tulis akan dieksekusi sesuai urutan baris pemrograman, dan juga jumlah baris pada pemrograman tidak terbatas pada ururtan linear laporan. Tapi pembacaan program tidak harus urut kita juga bisa mengendalikan aliran eksekusi. Seperti mengulang eksekusinya, meloncatinya, mengembalikan kembali ke atas atau membiarkan proses aliran memilih beberapa cabang yang kita buat. Kita bebas dan bisa mengendalikan proses pengeksekusian tersebut sesuai keinginan pembuat atau pengguna.

Macam-Macam Pernyataan

Pernyataan Penyeleksian
Pernyataan Penyeleksian / Percabangan berfungsi untuk memecahkan persoalan untuk mengambil suatu keputusan diantara sekian pernyataan yang ada. Pernyataan didalam akan dieksekusi jika dan hanya jika kondisi kebutuhan tersebut terpenuhi
.
Bentuk Penulisan & Contoh
if (nilai == 100)
   cout << "Nilai kamu adalah 100";

diatas adalah contoh penulisan jika hanya memiliki satu pernyataan di dalamnya dan dia tidak membutuhkan / diapit oleh kurung kurawa {}. Dan jika pengelompokan tersebut mengandung banyak pernyataan di dalamnya (majemuk) kita harus menggunakan / diapit oleh tanda kurung kurawa.

Bentuk Penulisan (Majemuk) & Contoh
if nilai == 100)
{
   cout << "Seamat Untuk anda, ";
   cout <<karena anda mendapatkan Nilai << X;
}

Tapi anda juga bisa menggunakan penulisan seperti di bawah ini jika anda ingin mengirit baris yang anda buat. Anda tidak perlu berganti baris sebanyak pernyataan anda.
if (nilai == 100){   cout << "Seamat Untuk anda, ";   cout <<karena anda mendapatkan Nilai << X;}

kita juga membuat banyak pilihan, bukan hanya satu. Seperti “else if”, “else” dan “Switch” untuk lebih lengkapnya anda bisa membaca tentang artikel “Pernyataan Penyeleksian” di artikel resmi kita.

Baca juga : Pengertian dan Macam-macam Operasi Penyeleksian C++


Pernyataan Pengulangan
Pengulangan atau dalam bahasa inggri adalah (LOOP)adalah cara kita untuk mengendalikan proses pengeksekusan pernyataan-pernyataan membuat mereka memperoses pernyataan yang sama secara berulang-ulang hingga kondisi yang diinginkan terpenuhi. Mereka diperkenalkan oleh kata kunci while do dan for.
for (ekspresi) pernyataan;

Pengulangan akan meneruti apa yang tulis di ekspresi dan mengulangi pengeksekusian pernyataan-pernyataan yang ada di dalam sehingga syarat dan kebutuhan terpenuhi.

Program di bawah ini adalah contoh program penghitung baris  sampe 10 baris dengan menggunakan loop FOR
#include <iostream.h>
#include <conio.h>
int main ()
{
   int n = 0;
   for (n=1;n<=10;n++)
   {
      cout<<n<<endl;
   }
   getch();
}

Kita juga bisa membuat proses pengulangan tersebut menjadi tidak terhingga.
#include <iostream.h>
#include <conio.h>
int main ()
{
   int n = 0;
   for (n=1;n>0;n++)
   {
       cout<<n<<endl;
   }
   getch();
}

Bagaimana bisa ?
Mudahnya kita bisa membaca ekspresi contoh program di atas seperti ini. “for (n=1;n<=10;n++)” = “N” adalah “1” jika “N” lebih kecil dari 10 maka N ditambah 1(++). Jika N sudah lebih dari 10 maka proses pengulangan berhenti dan kembali kejalan proses baris.

kalo untuk pengulangan tidak berhingga "N" = 1 jika N lebih besar dari 0 maka N bertambah, nah sayangnya N sudah lebih dari 0. dan akan tetap lebih dari 0 jika ditambahkan ++ tidak akan mendapatkan Nilai false pada N>0. sehingga proses pengulangan tidak akan pernah bisa dihentikan.

Untuk pernyataan pengulangan kita juga bisa menggunakan metode lain seperti for, while, do-while. Anda bisa membaca lebih lengkapna di artikel resmi kami “Pernyataan Pengulangan (Loop)”.

Baca juga : Pengertian dan Macam-macam Proses Pengulangan C++


Pernyataan lompat.
Pernyataan Jump (lompat) adalah salah satu cara kita mengendalikan proses pengeksekusian pernyataan agar bisa kembali ke dalam jalur pembacaan baris. Tidak terjebak pada pernyataan majemuk yang kita buat seperti pengulangan tak terhingga. Atau bisa di bilang kita mengeluarkan proses pengeksekusian dari dalam pernyataan majemuk yang kita buat seperti IF, For dan lain agar kembali ke pembacaan baris. Tidak hanya mengeluarkan, kita juga bisa Melompati pengulangan (melewati beberapa angka pengulangan)  atau mengeluarkan dari proses pengulangan tak terhingga.

Bukan hanya itu saja. Kita juga bisa mengendalikan pembacaan pengeksekusian pernyataan agar meloncati beberapa baris. Atau kita bisa mengembalikanya ke atas atau kemanapun baris yg kita inginkan. Untuk pernyataan jump kita bisa menggunakan “Break”, “Continue” dan “goto”

Untuk lebih jelasnya anda Langsung saja,bisa membaca kelanjutanya pada artikel resmi kita tentang Pernyataan Jump.

Baca juga :

Cukup sekian dari belajarcpp.com semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Mohon maaf atas kekuranganya dan Terima Kasih atas dukungan dan kunjungan anda ke BelajarCPP. Have a nice day.


EmoticonEmoticon