Pengertian dan Fungsi File-header C++

Pengertian dan Fungsi File-header C++ - Belajar C++

Sebelumnya kita telah membahas beberapa Code/Contoh program yang kita buat. apakah kau memperhatikan bahwa setiap awalan program pasti akan diawali dengan pemanggilan File header sebelum mendefinikasikan program tersebut.
#include <iostream>
using namespace std;

int main ()
{
   cout<<"Selamat datang di BelajarCPP.com"<<endl;
   return 0;
}

diatas merupakan contoh program sederhana C++. dan kali ini kita akan membahas mengenai "#include <iostream>" apa itu file header ? pada pernyataan itu terdiri dari 2 pernyataan, yaitu #include adalah apa yang dinamakan sebagai Preprocessor Directive yang berfungsi sebagai perintah yang termasuk kedalam program tetapi bukanlah instruksi dari program itu sendiri, dan Preprocessor Directive untuk #include sendiri merupakan sebuah intruksi untuk memanggil file (file-header) yang akan dgunakan.

dan kedua adalah <iostream> uang disebut sebagai "File-header" dan kali ini kita akan membahas mengenai apa itu file-header, agar lebih jelasnya kita akan membahas file-header di bawah. untuk <iostream> merupakan salah satu file header kepanjangan dari "Input Output STREAM" digunakan sebagai memanggil fungsi-fungsi yang berada pada file header tersebut seperti cout, cin dan lain-lain.

Apa itu File Header ?
File-header adalah pernyataan pendeklarasian utama dari sebuah program c++ yang berfungsi untuk memanggil dan menjalankan fungsi-fungsi yang terdapat dalam library file header C++ agar kita bisa menggunakan fungsi-fungsi pada file tersebut. contohnya adalah <iostream> merupakan deklarasi pernyataan yang merupakan file libary dari cout, cin dan lain-lain.

Bentuk Umum Penulisan
#include <File-Header>

kadang-kadang file-header disebut sebagai include file. pada code dan contoh program sebelumya pasti kita pernah liat file-header yang tidak memiliki dan ada yang memiliki ekstensi ".h" dan sebenarnya bukan hanya ekstensi ".h" ada juga ektensi seperti .hpp dan lainnya. tujuan dari file header adalah untuk mengadakan deklarasi fungsi dalam file yang akan kita gunakan dalam mendeskripsikan program. File .h ini dipakai sebagai "akses point" dimana kalo kamu mau akses sebuah method, class, atau struct, maka harus menggunakan file-header. File .h ini juga penting kalo kamu ingin membuat semacam .dll yang bakal diakses oleh framework lain.

file header standar untuk proses input/output adalah <iostream>. Kita memerlukan file header <iostream> hampir di setiap kode program yang kita buat dalam bahasa C.  Apabila kita menggunakan file header yang telah disediakan oleh kompilator, maka kita harus menuliskannya di dalam tanda ‘<’ dan ‘>’ (misalnya <iostream>). Namun, apabila kita menggunakan file header yang kita buat sendiri, maka file tersebut ditulis di antara tanda ‘"’ (misalnya "NamaHeader.h"). Apabila kita menggunakan tanda <>, maka file header tersebut akan dianggap berada pada direktori default yang telah ditentukan oleh kompilator. Sedangkan apabila kita menggunakan tanda "", maka file header dapat kita tentukan sendiri lokasinya.
#include <stdio.h>
using namespace std;

int main()
{
printf("Selamat datang di BelajarCPP.com");
return 0;
}

program diatas adalah contoh salah satu file header yang menggunakan ekstensi ".h". stdio.h adalah file yang berguna untuk memanggil fungsi printf, scanf dan lain-lain, code tersebut lebih sering digunakan dalam pemrograman C tapi kita juga bisa menggunakan bahasa C pada C++ karena C merupakan awal dari C++. File Header adalah suatu file library dengan ekstensi h (.h) yang merupakan file bantuan yang digunakan untuk menyimpan daftar-daftar fungsi yang akan digunakan dalam program.

Contoh Program
#include <iostream> // untuk input output C++ seperti Cout, Cin, endl dan lain-lain
#include <stdio.h> //untuk input output C sseperti Printf, Scanf dan lain-lain
#include <conio.h> //Untuk Getch()
using namespace std;

int main() {
int angka ;
cout << "Selaat Belajar C++ di BelajarCPP.com" << endl; //Menggunakan <iostream>
printf("Masukan angka : ");scanf("%d", &angka); //Menggunakan <stdio.h>
printf("Anda barusan memasukan %d", angka); //Menggunakan <stdio.h>
getch(); //Menggunakan <conio.h>
return 0;
}

Cukup sekian dari belajarcpp.com semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Mohon maaf atas kekuranganya dan Terima Kasih atas dukungan dan kunjungan anda ke BelajarCPP. Have a nice day.
Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
Axvine
AUTHOR
October 11, 2016 at 4:37 AM delete

Sankyu gan, ini tugas pertama ane di jurusan TI

Reply
avatar
Banana Verere
AUTHOR
November 13, 2016 at 3:14 AM delete

thanks artikelnya sangat membantu, keep spirit ^^

Reply
avatar