Macam-mcam dan Contoh Jump Stetements ( Lompatan )

Tags

Macam-mcam dan Contoh Jump Stetements ( Lompatan ) - Belajar C++

Sebelumnya kita telah membahas mengenai Statemenst / pernyataan, bahwa pernyataan memliki dua jenis yaitu pernyataan tunggal dan majemuk. dan memiliki banyak macam seperti pernyataan penyeleksian, pengulangan dan lompatan, dan kali ini kita akan membahas mengenai pernyataan lompatan.

Pengertian Jump Stetements ( Lompatan )

Pernyataan Jump (lompat) adalah salah satu cara kita mengendalikan proses pengeksekusian pernyataan agar bisa kembali ke dalam jalur pembacaan baris. Tidak terjebak pada pernyataan majemuk yang kita buat seperti pengulangan tak terhingga. Atau bisa di bilang kita mengeluarkan proses pengeksekusian dari dalam pernyataan majemuk yang kita buat seperti IF, For dan lain agar kembali ke pembacaan baris. Tidak hanya mengeluarkan, kita juga bisa Melompati pengulangan (melewati beberapa angka pengulangan) atau mengeluarkan dari proses pengulangan tak terhingga.

Bukan hanya itu saja. Kita juga bisa mengendalikan pembacaan pengeksekusian pernyataan agar meloncati beberapa baris. Atau kita bisa mengembalikanya ke atas atau kemanapun baris yg kita inginkan. Untuk pernyataan jump kita bisa menggunakan “Break”, “Continue” dan “goto”.

Macam-macam Jump Stetements ( Lompatan )

Pernytaan Break
Break berfungsi untuk mengembalikan pengeksekusian keluar dari pernyataan pengulagan tak terbatas meskipun syarat penguangan itu belum terpenuhi. Kita bisa mengeluarkan jalur pengeksekusian dari pernyataan tersebut secara paksa.
#include <iostream.h>
#include <conio.h>
int main ()
{
   int n = 0, stop;
   cout<<"Masukan Batas penghitungan : ";cin>>stop;
   cout<<endl;
   for (n=1;n>0;n++)
   {
  cout<<n<<endl;
      if(n==stop)
      {
     break;
      }
   }
   cout<<endl<<"Penghitungan Dihentikan di angka ["<<stop<<"]"<<endl;
   getch();
}

Baca juga : Pengertian dan Contoh Pernyataan Break C++

Diatas merupakan contoh program pengulangan tak terhingga menggunakan for. Untuk menghentikan pengulangan tersebut kami taruh break pada pernyataan “if” jika n==stop, angka yang dimana anda masukan untuk penentu penghentian.

Perrnyataan continue
Pernyataan Continue berfungsi untuk melewati/melompoti suatu atau beberpa angka pengulangan. untuk melewatkan sisa loop pada iterasi saat ini, seolah-olah akhir blok pernyataan telah dicapai, menyebabkan ia melompat ke awal iterasi berikut.

Dibawah ini adalah contoh program continue perhitungan 1-10 menggunakan for yang akan melewati satu angka yang anda masukan.
#include <iostream>
#include <conio>
int main ()
{
   int n, hilang;
   cout<<"Masukan angka yang akan dihilangkan"<<endl;cin>>hilang;
   cout<<endl;
   for (n=1; n<=10; n++)
   {
      if (n==hilang)
      {
         cout<<"Boof !!!"<<endl;
         continue;
      }
      cout << n <<endl;
   }
getch();
}

Baca juga : Pengertian dan Contoh Pernyataan Continue C++

Pernyataan Goto
Pernyataan goto berfungsi untuk mengendalikan proses pembacaan, memungkinkan untuk melompati atau mengembalikan proses pengeksekusian, kita bisa mengembalikan ke atas atau kemanapun baris yang kita mau.

Untuk membuat tempat lompatan kita bisa menggunakan sintak label dan untuk memilih tempat dimana kita akan lompat menggunakan goto.
#include <iostream>
#include <conio>
main()
{
   char pilihangoto;
   bersih :
   clrscr();
   ulang:
   cout<<endl;
   cout<<"Hai Selamat Belajar Di BELAJARCPP.COM"<<endl<<endl;
   cout<<"[Y] Mengulangi Program"<<endl;
   cout<<"[C] Membersihkan Program"<<endl;
   cout<<"[N] Keluar dari program"<<endl;
   cout<<"Tindakan [Y/C/N] : ";cin>>pilihangoto;
   if(pilihangoto=='y' ||pilihangoto=='Y' )
   {
      goto ulang ;
   }
   else if (pilihangoto=='C' ||pilihangoto=='c' )
   {
      goto bersih;
   }
   else
   {
      goto selesai;
   }
getch();
selesai:
}

Baca juga : Pengertian dan Contoh Pernyataan goto C++

Untuk lebih jelasnya untuk pernyataan break, Continue atau goto mungkin anda bisa mengunjungi artikel resminya. Cukup sekian dari belajarcpp.com semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Mohon maaf atas kekuranganya dan Terima Kasih atas dukungan dan kunjungan anda ke BelajarCPP. Have a nice day.


EmoticonEmoticon