Fungsi ( using namespace std ) C++

Tags

Fungsi ( using namespace std ) C++ - Belajar C++

Mungkin para pengguna Borland atau pelajar baru C/C++ akan merasa asing terhadap code-code c++ sekarang. Banyak sekali perbedaan yang ada meskipun masih dalam bahasa pemrograman yang sama. Banyak perbedaan bahasa yang diajarkan dengan yang sekarang, salah satunya adalah “using namespace std;”

Bentuk umum penulisan
using namespace std;  

Contoh Program
#include <iostream>
using namespace std; // apa ini ?

int main ()
{
   cout<<”Selamat datang di BelajarCPP.com”
   return 0;
}

“using namespace std” terdiri dari 3 statements yaitu “using”, “namespace” dan “std”, mari kita kenali mereka bertiga sebelum tau fungsi penggunaan “using namespace std”.
  • using adalah deklarasi arahan / panggilan / pemberitahukan kepada kompiler untuk penggunaan deklarasi namespace dan anggota namespace.
  • namespace adalah penyedia metode untuk mencegah komflik nama dalam proyek-proyek besar. Simbol pendeklarasian di dalam blok namespace ditempatkan di lingkup bernama yang akan mencegah mereka pada keliruan pengenalan pada scope yang lainnya. Jika pendeklarasiannya seperti diatas, itu berfungsi untuk memanggil namespace yang telah dibuat.
  • std adalah nama namespace tersebut yang sudah tersedia dan tidak perlu dibuat ulang menggunakan fungsi namespace, cukup dipanggil. Std merupakan wadah urutan yang merangkum ukuran data dan array dinamis. Di dalam std terdapat halnya seperti cout, cin, endl dan lain-lain.

Anda mungkin pernah melihat penggunaan std dengan cara diatas maupun seperti std::cout pada program-program sebelumnya.
 #include <iostream>

int main ()
{
   std::cout<<”Selamat datang di BelajarCPP.com”
   return 0;
}

std::cout yang mengidentifikasi STandarD::Character OUTput . Fungsi utama using namespace std pada pendeklarasian tersebut adalah untuk memberitahukan kepada kompiler bahwa kita akan menggunakan semua fungsi , class atau file yang terdapat pada memori namespace std. Jadi jika anda telah menggunakan pernyataan “using namespace std” kita tidak perlu repot-repot menambahkan std:: di depan fungsi-fungsi untuk memanggil fungsi seperti fungsi cout, cin dan sebagainya yang terdapat dalam namespace std.

Cukup sekian dari belajarcpp.com semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Mohon maaf atas kekuranganya dan Terima Kasih atas dukungan dan kunjungan anda ke BelajarCPP. Have a nice day.


EmoticonEmoticon