Pengertian dari Compiler (Kompilator)

Tags

Pengertian dari Compiler (Kompilator) - Belajar C++

Pengertian Compiler
Komputer mempunyai bahasanya sendiri dan memahami  satu bahasa dari set instruktur yang hanya terdiri dari 1 dan 0. Bahasa ini dinamakan sebagai bahasa mesin.

Contoh 
00000 10011101010
00101 01010001011

Bertauhun-tahun bahasa pemrograman tingkat tinggi telah dikenalkan di lingkungan pemrograman. dan C++ adalah salah satu bahasa yang telah berkembang dari banyak sekian tahun. Bahasa pemrograman memudahkan kita untuk bisa berkomunikasi dengan bahasa mesin.

Compiler atau Kompilator adalah sebuah program komputer yang berguna untuk menerjemahkan program komputer yang ditulis dalam bahasa  pemrograman tertentu menjadi program yag di tulis dalam bahasa pemrogrman lain salah satunya adalah C++.

istilah kompilator biasa digunakan untuk program komputer yang menerjemahkan program yang ditulis dalam bahasa pemrograman tingkat tinggi (semacam bahasa Pascal, C++, BASIC, FORTRAN, Visual Basic, Visual C#, Java, xBase, atau COBOL) menjadi bahasa mesin, biasanya dengan bahasa Assembly sebagai perantara.

bahasa pemrograman yang programer tulis akan diterjemahkan oleh perangkat lunak ke dalam bahasa mesin sehingga komputer bisa melaksanakannya dan juga para programer dimudahkan untuk memeberi perintah. Jika pemrograman komputer dikerjakan secara langsung di bahasa mesin menggunakan bahasa 1 dan 0. Bisa dibilang akan sangat membosankan, sulit dipahami dan rawan atas kesalahan pengetikan dan pentejemahan. Untuk membuat semua itu lebih mudah. Akhirnya diciptakanlah bahasa tingkat tinggi dibuat dan  berevolusi. Program tingkat tinggi juga memudahkan bagi programer untuk memahami dan memberi perintah dengan mudah ke mesin/komputer.

Karena komputer hanya dapat memahami bahasa mesin dan manusia ingin menulis dalam bahasa tingkat tinggi, bahasa tersebut harus ditulis ulang atau diterjemahkan kedalam bahsa mesin di beberapa titik. Hal ini dilakukan oleh program khusus yang disebut compiler, interpeter, atau perakit yang dibagun ke dalam berbaga aplikasi pemrograman.

Arsitektur kompilator modern biasanya bukan lagi merupakan program tunggal namun merupakan rangkaian komunikasi antar program dengan tugas spesifik masing-masing. Program-program tersebut beserta tugasnya secara umum terdiri dari:
  • Kompilator itu sendiri, yang menerima kode sumber dan menghasilkan bahasa tingkat rendah (assembly)
  • Assembler, yang menerima keluaran kompilator dan menghasilkan berkas objek dalam bahasa mesin
  • Linker, yang menerima berkas objek keluaran assembler untuk kemudian digabungkan dengan pustaka-pustaka yang diperlukan dan menghasilkan program yang dapat dieksekusi (executable).

Pengertian IDE  (Integrated Development Environment)
IDE mempunyai kepanjangan Integrated Development Environment adalah fasilitas yang diperlukan oleh para programmer dalam pembangunan program, IDE menyediakan semua fasilitas yang sangat membantu dalam mempurmudah pembuatan Program. dengan kata lain IDE adalah tempat di mana para programmer menulis dan melakukan pen-settingan atau konfigurasi  dengan mudah pada program mereka. 

Cukup sekian dari belajarcpp.com semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Mohon maaf atas kekuranganya dan Terima Kasih atas dukungan dan kunjungan anda ke BelajarCPP. Have a nice day.

Last update : 6 Februari 2016

1 comments

cari Tiket Pesawat Murah? Dapatkan segera hanya di SELL TIKET.com Klik disini:
selltiket.com
Booking langsung tanpa antri... HARGA Di Jamin Murah!!!
CEPAT,….TEPAT,….HARGA HEMAT!

Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
Bergabung segera di agen.selltiket.com

INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI :
No handphone : 085363402103
PIN : D364EDCB


EmoticonEmoticon