Fungsi dan Contoh Penggunaan Komentar C++

Tags

Pengertian dan Contoh Penggunaan Komentar C++ - belajar C++

Apa itu Komentar pada Bahasa Pemrograman ?
Tidak hanya C++ yang menyediakan fitur comment, hampir di setiap bahasa pemrograman menyediakan fitur Comment. dalam di dunia pemrograman pasti akan terlihat memusingkan jika kita coding terlalu banyak tanpa menyertakan keterangan/tanda pada beberapa sintak yang kita buat. dan mungkin besoknya kita akan lupa beberapa fungsi code yang telah kita buat. maka dari itu C++ dan bahasa pemrograman lainya menyediakan fitur comment berguna untuk memberikan tanda atau keterangan di dalam coding kita. comment ini tidak akan terbaca atau diterjemahkan saat proses kompilasi ke dalam bahasa komputer. ini berguna untuk mempermudahkan kita dalam mengingat.

C++ menyediakan dua macam fitur comment yaitu single-line dan multi-line. kedua cara tersebut bisa kita gunakan dan tidak akan mempengaruhi fungsi codingmu, atau dengan kata lain kompiler akan mengabaikan bentuk koment yang anda buat.

Baca juga : Pengertian Input dan Output C++

Macam-macam dan Bentuk Penulisan Komentar C++
Single-line : penggunaan // digunakan untuk memberi komentarhanya dibaris itu dan setelah tanda //.
// komentar anda

Multi-line  : diapit oleh /*...*/ digunakan untuk memberi tanda komentar pada pernyataan. Dimulai dari tanda /* dan akan diakhiri dimana saja dengan tanda */ .
/*komentar anda 1 baris */
/*komentar anda untuk
baris 1
baris 2
baris 3*/

Contoh C++ Program menggunakan komentar :
// komentar C++.cpp
/*pernyataan masuk ke dalam komentar
komentar ini menggunakan multi line dan di akhiri dengan tanda */
// masuk kedalam komentar hingga seterusnya dan hanya di baris ini
#include <conio.h>//pernyataan komentar seterusnya hanya di baris ini
#include <iostream.h>
void main ( ) {
   char pesan [ ] = “Selamat Datang di Belajar Cpp!” ;
   cout << pesan ;
   getch();
}

Baca juga : Struktur dan Bagian-Bagian Program C++

program di atas adalah contoh program penggunaan fitur komentar. meskipun anda menulis sebanyak mungkin di dalam fitur komentar tersebut tapi kompiler tidak akan pernah membaca pernyataan anda di dalam komentar itu.

Cukup sekian dari BelajarCpp.com semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Mohon maaf atas kekuranganya dan Terima Kasih atas dukungan dan kunjungan anda ke BelajarCpp. Have a nice day.


EmoticonEmoticon