Fungsi dan Contoh Penggunaan Getch() C++

Tags

Fungsi dan Contoh Penggunaan Getch() C++ - BelajarC++

Fungsi Getch()
Jika kita kreatif pasti kita akan menemukan banyak fungsi di satu code. Melebihi fungsi utama adanya code tersebut. Seperti halnya getch (Get Character and Echo), merupakan salah satu dari macam-macam fungsi masukan (Input). fungsi utama getch adalah untuk dipakai membaca sebuah karakter dengan sifat karakter yang dimasukkan tidak perlu diakhiri dengan menekan tombol ENTER, dan karakter yang dimasukan tidak akan ditampilkan di layar. File header yang harus disertakan adalah conio.h. yang berarti kita bebas menekan tombol apapun untuk getch sebelum melanjutkan proses program.

Contoh
#include <stdio.h>
#include <conio.h>
main( )
{
   clrscr( );
   printf("Hallo Selamat Belajar di  ");
   getch( );
   printf("\nBelajarCPP.com");
   getch( );
}

Program diatas fungsi getch kita manfatakan untuk melanjutkan program. Kita harus menekan sembarang tombol sebelum kita melanjutkan output selanjutnya.

Dan juga fungsi getch yang terletak diakhir program, itu berfungsi untuk menahan layar sebelum ditutup yang berarti kita harus menekan tombol sembarang untuk menutup hasil program.

Baca juga : Macam-macam dan Contoh Perintah Masukan (Input) C++

Dan jika anda ingin mengetahui tombol apa yang anda tekan dan muncul di layar hasil, bisa kita tambahkan kode seperti ini.

Contoh
#include <stdio.h>
#include <conio.h>
main( )
{
   char karakter;
   clrscr( );
   printf("Selamat Datang Di BelajarPP.com");
   karakter = getch( );
   printf("\nTadi Anda Memasukan karakter %c", karakter);
   getch( );
}

Cukup sekian dari BelajarCpp.com semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Mohon maaf atas kekuranganya dan Terima Kasih atas dukungan dan kunjungan anda ke BelajarCpp. Have a nice day.


EmoticonEmoticon