Pernyataan Break

Tags


Pernyataan BREAK adalah pernyataan lompatan yang dapat mengandalikan aliran pengeksekusian CPU. BREAK merupakan keyword berfungsi untuk membuat CPU melompat keluar dari pernyataan pengulangan atau pernyataan SWITCH. Dan BREAK hanya dapat digunakan dalam pernyataan pengulangan dan pernyataan SWITCH.

Bentuk Penulisan :
break;

Break lebih tepatnya digunakan untuk menghentikan suatu pernyataan pengulangan atau pernyataan SWITCH. Ketika CPU bertemu dengan pernaytaan beak di dalam suatu pernyataan pengulangan atau SWITCH CPU akan langsung berhenti untuk mengeksekusi Pernyataan pengulangan tersebut dan kembali ke baris eksekusi di luar dan di bawah dari keseluruhan pernyataan tersebut.

Break sangat berguna untuk menghentikan pernyataan pengulangan, berdasarkan kondisi apa yang diinginkan. Break dapat meningkatkan keamanan dan mengatasi masalah pada program, sebagai contoh adalah terjadinya pengulangan tak diinginkan oleh programmer atau pengguna, maka break dapat menghentikanya.

Contoh Program :
#include <iostream>
using namespace std;

int main ()
{
    int jumlah=0;
    cout<<"Jumlah : ";cin>>jumlah;
    for(int i = 1; i<=jumlah; i++){
        if (i > 50) break;
        cout<<i<<endl;
    }
    return 0;
}

Di atas adalah contoh program penggunaan BREAK pada pernyataan pengulangan for, BREAK juga bisa digunakan pada pernyataan pengulangan lainya. pada program di atas, Program meminta pengguna untuk memberikan angka sebagai jumlah pengulagan. Dan di dalam pernyataan pengulangan terdapat pernyataan BREAK yang berada pada pernyataan penyeleksian if. Break pada program di atas untuk memberikan batas berapa jumlah minimal pengulangan harus terjadi.

Jika pembaca mengikuti pembelajaran pada belajarcpp.com. jika anda ingat bahwa pernyataan BREAK juga digunakan pada pernyataan SWITCH dan juga memiliki fungsi yang sama yaitu untuk menghentikan pengeksekusian pernyataan switch.

Untuk pernyataan penyeleksian BREAK hanya dapat digunakan pada pernyataan penyeleksian SWITCH.

#include <iostream>
using namespace std;

int main ()
{
    int jumlah=0;
    cout<<"Jumlah : ";cin>>jumlah;
    switch(jumlah){
    case 1 :
        cout<<"Nomer tersedia.";
        break ;
    case 2:
        cout<<"Nomer tersedia.";
        break;
    default :
        cout<<"Nomer tidak tersedia.";
        break;
    }

    return 0;
}

Dengan pernyataan BREAK pada pernyataan SWITCH berfungsi untuk menghentikan pernyataan SWITCH setelah CPU menyelesaikan mengeksekusi pernyataan sebagai perintah pada label case tertentu. Jika tidak menggunakan pernyataan BREAK maka akan mengeksekusi apapun pada baris selanjutnya meskpun pernyataan sebagai perintah termasuk dalam label case lain.

Jika anda sudah bisa menggunakan pernyataan BREAK dimohon anda bisa memanfaatkan pernyataan BREAK dengan bijaksana dan Efisien. Jika tidak, anda bisa membuat suatu program memiliki aliran yang sulit untuk dimengerti.


EmoticonEmoticon