Biografi Bjarne Stroustrup Pencipta C++

Tags

Biografi Bjarne Stroustrup Pencipta C++ - Belajar C++

Siapa itu Bjarne Stroustrup ?
Bjarne Stroustrup dilahirkan di kota Aarhus Denmark pada tanggal 30 desember 1950. Berjane stoustrup adalah seorang ilmuan komputer yang sangat berpengaruh oleh dunia. Dia menciptakan bahasa pemrograman yang sampe sekarang masih berguna oleh dunia yaitu menciptakan “C++” (C-Plusplus). Ia meraih gelar cand.scient di bidang matematika dan ilmu komputer pada tahun 1975 dari university of Aehous Denmark, gelar Ph.d di bidang ilmu komputer didapatkanya tahun 1979 di Cambridge University, England. Bjarne Stroustrup adalah perancang sekaligus implementator dari bahasa pemrograman yang terkenal saat ini yaitu C++.

Apa itu C++ ?
Bahasa C++ adalah bahasa komputer atau bahasa pemrograman yang merupakan pengembangan dari bahasa C kemudian disempurnakan oleh Bjarne Stroustrup pada tahun 1980 menjadi 1980 menjadi “c with classes” dan berganti nama menjadi C++ pada tahun 1983. Bahasa C++ diciptakan untuk mendukung pemrograman berorientasi pada objek (Object Oriented Pragramming/OOP) yang tidak dimiliki C. sementara C merupakan bahasa pemrograman terbaik dilingkungannya, bahasa ini tidak memiliki kemampuan OOP.

Baca juga : Sejarah Bahasa Pemrograman C++

Ia juga menulis buku “The C++ Programing Language” yang diterbitkan pada tahun 1985, 1991, 1997 dan 2000. Selain itu ia juga mengarang buku “The Design and Evolution of C++”. Ia mengkonsentrasikan penelitiannya dalam bidang sistem terdistribusi, simulasi, design dan pemrograman.

Daftar Buku Bjarne Stroustrup ?
  • The C++ Programming Language diterbitkan pada 15 febuari 2000.
  • The Design and Evolution of C++ diterbitkan 29 maret 1994
  • The Annoteted C++ Reference Manual diterbitkan 1 Januari 1990
dan masih banyak lg, untuk selengkapnya ada di sini : http://www.stroustrup.com/papers.html

Pendidikan Bjarne Stroustrup ?
Bjarne Stroustrup memiliki gelar master di jurusan matematika dan ilmu komputer pada tahun 1975 dari Aathus University, denmark dan mendapatkan Ph. D. Dalam ilmu komputer pada tahun 1979 dari University of Cambridge, inggris dan penasihat tesisya di cambridge adalah david Wheeler.

Baca juga : Pengertian dan Fitur-fitur C++

Dr. Stroustrup masuk dalam Colloege of Engineering Chair Professor pada Departemen Computer Science Texas A&M University. Ia juga berhubungan dengan AT&T Labs–Research sebagai anggota pada Information and Systems Software Research Lab. Stroustrup juga anggota Laboratories Fellow dan AT&T Fellow. Ia secara aktif terlibat dalam standarisasi ANSI/ISO untuk C++. Pada tahun 1993 menerima penghargaan dari ACM Grace Murray Hopper. Hobi yang ditekuninya adalah sejarah umum, fotografi, hiking dan olahraga lari, traveling terutama ke Australia dan India, serta hobi musik. Stroustrup tinggal di College Station di Texas, USAbersama istri dan anak laki-laki dan perempuan yang sedang menjalani studi di Universitas.

Pada tahun 2015 Bjarne Stroustrup diangkat menjadi fellow dari musium sejarah komputer untuk penemuan dari bahasa pemrograman C++

Bjarne Stroustrup juga memiliki website pribadi yang bisa anda kunjungi
http://www.stroustrup.com/

Referensi :
http://www.stroustrup.com/bio.html

Cukup sekian dari belajarcpp.com semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Mohon maaf atas kekuranganya dan Terima Kasih atas dukungan dan kunjungan anda ke BelajarCPP. Have a nice day.


EmoticonEmoticon