Ternary

Tags

Ternary

Operator Ternary atau bisa disebut sebagai “Conditional Ternary Operator” merupakan salah satu dari tiga sifat Operator, operator yang akan melibatkan 3 buah operand dalam satu operasi. Operator ternary berfungsi untuk mengevaluasi ekspresi dan menentukan hasil berdsarkan kondisi.jika kondisi tersebut 1 ( true ) maka akan memilih pilihan ke satu, jika 0 ( false ) maka akan memilih pilihan ke dua.

Bentuk Penulisan
Ekspresi?nilaiSatu:nilaiDua;

Di atas melibatkan 3 operand yaitu sebagai ekspresi, nilaiSatu dan nilaiDua. Diletakan tanda ‘?’ di antara ekspresi dan pilihan nilai. Dan tanda ‘:’ di antara dua pilihan true atau false.
  • Eksepresi : merupakan tempat dimana kita dapat menuliskan sebuah ekspresi sebagai kondisi yang akan dievaluasi.operasi ini akan memecahkan masalah berdasarkan kondisi ekspresi dengan memilih dua pilihan “nilaiSatu” dan “nilaiDua” sebagai hasil operasi.
  • nilaiSatu : merupakan tempat untuk menempatkan nilai yang akan dipilih sebagai hasil akhir dari operasi ternary, tempat ini bersifat 1 (true). Dengan arti jika hasil operasi mempunyai kondisi 1 (true) maka otomatis operasi akan menghasilkan nilai yang ada pada pilihan ke satu “nilaiSatu”.
  • nilaiDua : merupakan tempat untuk menempatkan nilai yang akan dipilih sebagai hasil akhir dari operasi ternary, tempat ini bersifat 0 (false). Dengan arti jika hasil operasi mempunyai kondisi 0 (false) maka otomatis operasi akan menghasilkan nilai yang ada pada pilihan ke dua “nilaiDua”.

Ekspresi ? nilaiJikaTrue : nilaiJikaFalse;

Contoh program :
#include <iostream>
using namespace std;

int main(){
    int umur = 0;

    cout<<"Masukan umur anda : "; cin>>umur;
    cout<<"Umur anda "<<(umur>17?">":"<")<<" 17 "<<endl;

    return 0;
}

Contoh Program di atas akan menghasilkan program yang meminta anda untuk memasukan umur, dan akan dioperasi untuk menampilkan apa yang telah anda input.

Contoh Khasus :
Ada peraturan di sekolah bahwa, jika siswa masuk lebih dari jam 7 maka akan mendapatkan nilai C dan jika siswa berangkat awal, masuk kurang dari jam 7 maka akan mendapatkan nilai A.

Penyelesaian :
kedatangan<JAM_MASUK?'A':'C';

Program :
#include <iostream>
using namespace std;

int main (){
    const int JAM_MASUK=7;
    int kedatangan;
    char nilai;

    cout<<"Masukan Jam Kehadiran Siswa = ";cin>>kedatangan;
    nilai = kedatangan<JAM_MASUK?'A':'C';
    cout<<"Nilai Siswa = "<<nilai;
    return 0;
}


EmoticonEmoticon