Struktur dan Bagian-bagian Program C++

Struktur dan Bagian-bagian Program C++ - belajar c++

Struktur program C++, sama seperti struktur program C yang terdahulu. yang hanya memiliki beberapa perbedaan dan pembaharuan pada C++ ,Struktur program C++ terdiri sejumlah blok fungsi, setiap fungsi terdiri dari satu atau beberapa statements ( pernyataan ) yang akan melaksanakan tugas tertentu.

Struktur Program C++
#include <file-header>
main()
{
statements/pernyataan; //komentar
}

Program C maupun C++ selalu tersusun dari 4 (empat) bagian utama, yaitu :
1. Bagian pengarah compiler yang ditandai dengan simbol #
2. Bagian deklarasi
3. Bagian definisi
4. Bagian komentar yang ditandai dengan symbol // dan pasangan /* … */

Contoh Program C++
#include <iostream>//file-header untuk cout
#include <conio.h> //file-header untuk getch

int main() { //function
std::cout<<"Selamat Datang Di BelajarC++"; //pernyataan
getch(); //pernyataan
return 0; //pernyataan
}

dan juga bisa seperti ini
#include <iostream>//file-header untuk cout
#include <conio.h> //file-header untuk getch
int main(){std::cout<<"Selamat Datang Di BelajarC++"; return 0; }

Baca juga : Pengertian Input dan Output C++

Keterangan :
  • #include dimulai dengan tanda pagar (#) merupakan Preprocessor pada C++ untuk pemanggilan file header yang memuat beberapa perintah-perintah dari C++, merupakan jalur khusus ditafsirkan sebelum kompilasi dari program itu dimulai. contoh : pada kali ini kita menggunakan "#include <iostream>"  Memerintahkan preprocessor untuk menyertakan bagian dari standar C++ code, yang dikenal sebagai header iostream, yang memungkinkan untuk melakukan standar input dan output operasi, seperti menulis output dari program ini ("Selamat Datang Di BelajarC++") ke layar dan untuk file header conio merupakan fileheader untuk memanggil fungsi getch();
  • main() merupakan awal mula dari blok program utama. baris tersebut merupakan Fungsi atau Function yang akan dibaca saat kompilasi program, Nama "main" dengan sepasang tanda kurung adalah opsional parameter. Function Main merupakan fungsi khuus dalam semua pabahasa pemrograman C/C++, fungsi main adalah function utama pada bahasa C/C++ yang akan dibaca pertama kali saat program berjalan.
  • tanda { dan } sebagai punctuator yang awal blok program hingga akhir blok program. dengan simbol sepasang kurung kurawa. yang akan mendefinisikan apa yang akan terjadi pada function main tersebut.
  • std::cout pada baris yang diapit oleh kurung kurawa akan di isi oleh sejumlah pernyataan yang akan mendefinisikan function main, dan ini adalah salah satu dari pernyataan, pernataan adalah ekspresi yang benar-benar dapat menghasilkan beberapa efek yang akan menentukan perilaku program sebenarnya, cout sendiri merupakan salah satu perintah keluaran (Output) pada C++.
  • getch(); getch masih sebagai pernyataan di dalam fungsi main, fungsi utama getch merupakan salah satu perintah masukan (Input) pada C++ apabila ditempatkan sebelum funtuator }, maka berfungsi sebagai penahan dari tampilan hasil.
  • // komentar untuk kalimat yang diawali dengan tanda garis miring dua, berfungsi sebagai kometar, ada dua cara kita untuk menuliskan tanda komentar yaitu dengan cara menggunakan tanda garis miring dua (//) dan garis miring dengan bintang (/*  kalimat  */ ) pada komentar bertanda // komentar akan berlaku pada baris itu sesudah tanda // hingga seterusnya di baris itu.

Bagian-bagian utama Program C++
1.   Bagian Pengarah Kompiler atau File-Header

Contoh program C++ :
#include <iostream.h> //File-Header
#include <conio.h> //File-Header

void main ( ) {
char pesan [ ] = "Selamat Datang di BelajarCPP.com" ;
std::cout<<pesan ;
getch();
return 0;
}

Merupakan statement praprosesor, disebut juga pengarah compiler karena berfungsi mengatur proses kompilasi. contohnya IOSTREAM.H merupakan file program yang mengandung deklarasi kelas-kelas yang diperlukan oleh objek cout. File-file dengan ekstensi .H yang berisi deklarasi fungsi-fungsi standar C ini, disebut secara umum sebagai file header. Contoh Beberapa pengarah compiler adalah :
1. # define
2. # include
3. # if, # else, # elif, # endif
4. # ifdef, # ifndef

Baca juga : Pengertian dan Macam-macam Preprocessor Directives C++

2&3.    Bagian Deklarasi dan Definisi
Semua program C pada dasarnya tersusun dari rangkaian pemanggilan fungsi yang bekerja atas sekelompok data. Selain pemanggilan fungsi, program C mengandung komponen lain yang disebut statement. Statement C ada dua, yaitu : statement yang tidak dapat dieksekusi / non executable ( bila dikompilasi tidak menghasilkan kode objek dan biasanya digunakan untuk mengatur alur program), dan statement yang dapat dieksekusi / executable (bila dikompilasi akan menghasilkan kode objek). Setiap pemanggilan fungsi maupun statement executable dalam C harus diakhiri dengan tanda titik koma ( ; ).

Contoh program C++ :
# include <iostream.h>//file-header
# include <conio.h>

void main ( ) {//Deklarasi
char pesan [ ] = "Hello, C++ programmers!" ; //Definisi
std::cout<<pesan ; //Definisi
getch(); //definisi
return 0; //definisi
}

Dalam contoh program C++ diatas, Return merupakan contoh statement executable yang menginstruksikan agar suatu fungsi mengembalikan nilai balik tertentu. Contoh statement non executable adalah : If, else, dan while.

Baca juga : Pengertian dan Macam-macam Statements ( Pernyataan ) C++

Main ( ) merupakan contoh fungsi, sedangkan pesan adalah contoh data. Baik data maupun fungsi harus dideklarasikan. Data perlu dideklarasikan agar compiler tahu berapa byte memori yang harus disediakan untuk data yang bersangkutan, sedangkan fungsi perlu dideklarasikan agar compiler dapat memeriksa ketepatan pemanggilan fungsi yang bersangkutan. Deklarasi fungsi sering disebut pula prototype fungsi.

4. Bagian Komentar
Program yang baik pada umumnya diberi komentar yang akan membantu orang lain maupun pembuat program itu untuk memahami program yang dibuat. Dalam C atau C++ setiap tulisan yang diapit oleh symbol /* … */ atau setiap baris yang dimulai dengan symbol // dianggap komentar. C++ tidak mengizinkan komentar bersarang ( nested comment), namun Borland C++ lebih fleksibel dalam hal ini. ini merupakan salah satu alat yang sangat penting meskipun tidak berpengaruh untuk pembacaan program.

Perbedaan dan fungsi  “/*...*/”  & “//”
  • /* (kalimat)*/ : diapit oleh /*...*/ digunakan untuk memberi tanda komentar pada pernyataan. Dimulai dari tanda /* dan akan diakhiri dimana saja dengan tanda */ .
  • // (kalimat): penggunaan // digunakan untuk memberi komentarhanya dibaris itu dan setelah tanda //.

Contoh C++ menggunakan komentar :
 // FIRST.CPP
/*pernyataan masuk ke dalam komentar
komentar ini menggunakan multi line dan di akhiri dengan tanda */
// masuk kedalam komentar hingga seterusnya dan hanya di baris ini
#include <conio.h>//pernyataan komentar seterusnya hanya di baris ini
#include <iostream.h>
void main ( ) {
char pesan [ ] = "Selamat Datang di BelajarCPP.com !" ;
std::cout << pesan ;
getch();
return 0;}

Pada Borland C++ dapat menggunakan komentar bersarang asalkan opsi cek Nested comments pada menu Options>Compiler>Source dipilih.

Baca juga : Pengertian dan Contoh Penggunaan Komentar C++

Cukup sekian dari BelajarCpp.com semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Mohon maaf atas kekuranganya dan Terima Kasih atas dukungan dan kunjungan anda ke BelajarCpp. Have a nice day.

Last update : 05 Maret 2016
Previous
Next Post »