Pernyataan dan Kontrol Aliran

Tags

Pernyataan

Statements atau dalam bahasa indonesia adalah Pernyataan, merupakan suatu Intruksi individu yang ditulis di sebuah program untuk menginstruksi jalan proses sebuah program, atau dengan arti lain berfungsi untuk memerintahkan bagaimana program akan berjalan. contoh bentuk pernyataan sudah penulis perlihatkan pada artikel belajarcpp sebelumnya.

Bahasa pemrograman C++ menggunakan paradigma Prosedural dan setiap pernyataan harus diakhiri dengan tanda titik koma ( ; ) yang akan dieksekusi sesuai urutan baris penuliasan program. Penyataan pada bahasa pemrograman c++ memiliki 2 jenis, yaitu pernyataan tunggal dan pernyataan majemuk.
Pernyataan; //pernyataan tunggal.

Pernyataan tunggal adalah suatu perintah yang hanya menghabiskan satu baris dan diakhiri dengan tanda titik koma (;).

Pernyatan majemuk adalah sekelompok pernyataan yang memuat pernyataan 1 atau lebih pernyataan di dalamnya, setiap pernyataan di dalamnya tetap harus menggunakan akhiran titik koma (;) dan kelompok pernyataan tersebut diapit dengan menggunakan tanda kurung kurawal  “ { } ”.
    Bentuk Penulisan Pernyataan Majemuk
    {
       Pernyataan1;
       Pernyataan2;
       Pernyataan3;
       …
    }

    Atau
    { Pernyataan1; Pernyataan2; pernyataan3; }

    Satu blok pernyataan majemuk mesikupun mengandung banyak pernyataan di dalamnya tetap akan dianggap sebagai satu pernyataan (pernyataan majemuk) yang terdiri dari beberapa substatement di dalamnya.

    Dalam penulisan pernyataan tunggal atau penulisan majemuk tidak dibatasi, kita bebas menulis pernyataan tunggal dan pernyataan dalam pernyataan majemuk sebanyak mungkin yang kita mau.

    Cara kerja program pada bahasa pemrograman C++ adalah membaca pernyataan-pernyataan sebagai perintah yang kita tulis mengalir dari baris teratas hingga baris terbawah satu demi satu. Tapi kita juga dimungkinkan untuk memanipulasi aliran pembacaan dan hal itu disebut sebagai “Flow Control” (Kontrol Aliran).

    Dalam Flow Control  kita dimungkinkan untuk memanipulasi aliran jalanya pembacaan program yang kita tulis, seperti menyeleksi dan memilih pernyataan atau sekelompok pernyataan yang akan dibaca sesuai kondisi, mengulangi pernyataan yang sudah dibaca, atau dapat melompati beberapa pernyataan. Hal ini dapat memungkinkan kita untuk membuat program yang fleksibel sesuai keinginan pengguna.

    Pernyataan Penyeleksian (Selection)
    Pernyataan Penyeleksian berfungsi untuk memecahkan persoalan dan mengambil satu keputusan sesuai kondisi yang sedang dialami program. Pernyataan tunggal atau Substatement dalam pernyataan majemuk akan dieksekusi jika kondisi kebutuhan tersebut terpenuhi, dalam c++ kita dapat menggunakan pernyataan IF, IF-ELSE atau Switch-case.

    Pernyataan Pengulangan (Loop) 
    Pernyataan Pengulangan  adalah cara yang memungkinkan kita untuk mengendalikan proses pengeksekusian program, membuat aliran memperoses pernyataan yang sama secara berulang-ulang hingga kondisi yang diinginkan terpenuhi. Mereka diperkenalkan oleh kata kunci while do dan for.
    Pernyataan lompat.

    Pernyataan lompatan (Jump)
    Pernyataan lompatan adalah salah satu cara yang memungkinkan kita untuk mengendalikan aliran jalanya program, secara garis besar pernyataan lompatan dapat memungkinkan kita untuk melompati beberapa pernyataan yang kita buat. Untuk pernyataan Lompatan kita bisa menggunakan pernyataan umum pada C++ seperti “Break”, “Continue” dan “goto”.

    Pengecualian (Exceptions)
    Exceptions adalah adalah pernyataan yang memungkinkan kita menangani kesalahan saat program berjalan. biasanya disaat program sedang berjalan dan mendapatkan kesalahan maka program akan berhenti tapi dengan pernyataan Exceptions jika saat program berjalan dan CPU tidak bisa menyelesaikanya (Program mendapatkan kesalahan) maka CPU akan loncat ke label pengecualian.

    Untuk penjelasan lebih lanjut, contoh penulisan dan contoh program dari penyeleksian, pengulangan, lompatan dan pengecualian akan penulis sampaikan pada artikel belajarcpp selanjutnya.


    EmoticonEmoticon