Sejarah Bahasa Pemrograman C ++

Tags

Sejarah Bahasa Pemrograman C ++ - belajar c++

Sejarah Bahasa Pemrograman

Ada banyak bahasa computer yang banyak bermunculan dan sudah banyak juga yang sudah mempunyai perubahan sejak computer pertama diciptakan. Computer awal tersebut dibuat untuk bantuan kalkulasi sejak perang dunia ke dua. Awalnya programmer bekerja dengan intruksi computer yang sangat premitif yaitu bernama Machine Language atau dalam bahasa Indonesia adalah Bahasa Mesin. Waktu berjalan dan kemudia bahasa computer pun berevolusi lagi. Lahirlah bahasa tingkat tinggi seperti BASIC dan COBOL. Bahasa ini memungkinkan orang bekerja dengan sejumlah kata dan kalimat tertentu dalam seperti ini akan diterjemahkan kembali. Menjadi bahasa mesin dengan menguanakan suatu interprenter ataupun compiler. Suatu interprenter bekerja dengan menterjemahkan baris program sesaat dibaca. Mengubah menjadi bahasa mesin dan menjalankannya. Compiler akan menghasilkan suatu program yang sangat cepat pada saat dijalankan karena waktu untuk menterjemahkan program telah dihilangkan. Keuntungan dari suatu Compiler adalah menghasilkan program executable yang tidak tergantung kepada program sumber. Sedangkan pada interpreter anda harus menjalankannya dengan menggunakan program sumber. Untuk beberapa tahun, prinsip utama dari programmer komputer adalah menulis suatu kode yang sependek mungkin, dan dapat dijalankan dengan cepat. Program tersebut harus berukuran kecil karena memori komputer sangat mahal, dan harus cepat karena tenaga pemrosesesan (CPU) sangat mahal. Setelah komputer menjadi semakin kecil, murah dan cepat, dan harga dari memori telah jatuh. Prioritas ini telah berubah. Sekarang biaya tenaga programmer jauh lebih mahal dibandingkan dengan harga komputer yang digunakan dalam bisnis. Program yang ditulis dengan baik dan mudah ditangani adalah suatu yang bernilai tinggi. Mudah ditangani artinya adalah pada saat kebutuhan bisnis berubah, program dengan mudah dapat dikembangkan tanpa adanya biaya yang sangat besar.

Sejarah Bahasa C

Bahasa C dikembangken di Bell lab pada tahun 1972 ditulis pertama kali oleh Brian W. Kernighan dan Denies M. Ricthie merupakan bahasa turunan atau pengembangan dari bahasa B yang ditulis oleh Ken Thompson pada tahun 1970 yang diturunkan oleh bahasa sebelumnya, yaitu BCL. Bahasa C, pada awalnya dirancang sebagai bahasa pemrograman yang dioperasikan pada sistem operasi UNIX. Bahasa C merupakan bahasa pemrograman tingkat menengah yaitu diantara bahasa tinggat rendah dan tingkat tinggi yang biasa disebut dengan Bahasa Tingkat Menengah. Bahasa C mempunyai banyak kemampuan yang sering digunakan diantaranya kemampuan untuk membuat perangkat lunak, misalnya dBASE, Word Star dan lain-lain.

Sejarah Bahasa C++

Pada tahun 1980 Bahasa C++ diciptakan oleh Bjarne Stroustrup di AT&T Bell Laboratories awal tahun 1980-an berdasarkan C ANSI (American National Standard Institute). Pertama kali, prototype C++ muncul sebagai C yang dipercanggih dengan fasilitas kelas. Bahasa tersebut disebut C dengan kelas ( C wih class). Selama tahun 1983-1984, C dengan kelas disempurnakan dengan menambahkan fasilitas pembeban lebihan operator dan fungsi yang mulanya disebut “a better C” kemudian berganti nama pada tahun 1983 menjadi C++. Symbol ++ merupakan operator C untuk operasi penaikan, muncul untuk menunjukkan bahwa bahasa baru ini merupakan versi yang lebih canggih dari C. Borland International merilis compiler Borland C++ dan Turbo C++. Kedua compiler ini sama-sama dapat digunakan untuk mengkompilasi kode C++. Bedanya, Borland C++ selain dapat digunakan dibawah lingkungan DOS, juga dapat digunakan untuk pemrograman Windows. Selain Borland International, beberapa perusahaan lain juga merilis compiler C++, seperti Topspeed C++ dan Zortech C++.

Baca juga : Perbedaan Bahasa C dan C++

untuk cerita lengkap tentang penemuan bahasa C++, seperti sebelumnya diceritakan diatas  C ++ adalah bahasa pemrograman yang pada tahun 1980, ketika Bjarne Stroustrup melakukan pekerjaan untuk gelar Ph.D. tesis. Salah satu bahasa dan Stroustrup memiliki kesempatan untuk bekerja dengan bahasa tersebut yang disebut Simula, yang seperti namanya yang merupakan bahasa untuk simulasi. The Simula 67 bahasa - yang merupakan varian yang bekerja dengan Stroustrup dan bahasa tersebut dianggap sebagai bahasa pertama untuk mendukung paradigma pemrograman berorientasi objek. Stroustrup menemukan bahwa paradigma ini sangat berguna untuk pengembangan perangkat lunak, namun bahasa Simula terlalu lambat untuk penggunaan praktis.

Tak lama kemudian, ia mulai bekerja pada "C with classes" atau di dalam bahasa indonesia adalah C dengan kelas, yang dimaksudkan untuk menjadi superset dari bahasa C. Tujuannya adalah untuk menambahkan pemrograman berorientasi objek ke dalam bahasa C, yang dan masih merupakan bahasa dihormati untuk portabilitas tanpa mengorbankan kecepatan atau tingkat rendah fungsi. Bahasanya termasuk kelas, dasar warisan, inlining, fungsi default argumen, dan memeriksa jenis kuat di samping semua fitur dari bahasa C.

Baca juga : Pengertian dan Fitur-fitur C++

Pertama C dengan Kelas compiler disebut Cfront, yang berasal dari kompiler C disebut CPRE. Itu adalah program yang dirancang untuk menerjemahkan C dengan kode Kelas ke C. biasa Titik agak menarik yang patut dicatat adalah bahwa Cfront sebagian besar ditulis dalam C dengan Kelas, membuatnya menjadi compiler self hosting (compiler yang dapat mengkompilasi sendiri). Cfront kemudian akan ditinggalkan pada tahun 1993 setelah menjadi sulit untuk mengintegrasikan fitur baru ke dalamnya, yaitu C ++ pengecualian. Meskipun demikian, Cfront membuat dampak besar pada implementasi kompiler masa depan dan pada sistem operasi Unix.

Pada tahun 1983, nama bahasa berubah dari C dengan Kelas C ++ untuk. Operator ++ dalam bahasa C adalah operator untuk incrementing variabel, yang memberikan beberapa wawasan ke dalam bagaimana Stroustrup dianggap bahasa. Banyak fitur baru yang ditambahkan sekitar waktu itu, yang paling terkenal di antaranya adalah fungsi virtual, fungsi overloading, referensi dengan & simbol, kata kunci const, dan single-line komentar menggunakan dua garis miring ke depan (yang merupakan fitur yang diambil dari BCPL bahasa ).

Pada tahun 1985, referensi Stroustrup untuk bahasa berjudul The C ++ Programming Language diterbitkan. Pada tahun yang sama, C ++ dilaksanakan sebagai produk komersial. Bahasa ini belum secara resmi distandarkan, membuat buku referensi yang sangat penting. Bahasa ini diperbarui lagi pada tahun 1989 untuk memasukkan anggota dilindungi dan statis, serta warisan dari beberapa kelas.

Pada tahun 1990, The Annotated C ++ Referensi dirilis. Pada tahun yang sama, Borland Turbo C ++ compiler akan dirilis sebagai produk komersial. Turbo C ++ menambahkan kebanyakan library tambahan yang akan memiliki dampak yang besar terhadap pengembangan C ++ 's. Meskipun rilis stabil terakhir Turbo C ++ 's pada tahun 2006, compiler masih banyak digunakan.

Pada tahun 1998, panitia C ++ standar diterbitkan standar internasional pertama untuk C ++ ISO / IEC 14882: 1998., Yang akan informal dikenal sebagai C ++ 98 The Annotated C ++ Reference Manual dikatakan pengaruh besar dalam pengembangan standar . The Standard Template Library, yang dimulai untuk pengembangan konseptual pada tahun 1979, juga termasuk. Pada tahun 2003, panitia menanggapi beberapa masalah yang dilaporkan dengan standar mereka pada tahun 1998, dan direvisi sesuai. Bahasa berubah dijuluki C ++ 03.

Baca juga : Kenapa Bjarne Stroustrup Menciptakan C++

Pada tahun 2005, panitia C ++ berstandar merilis laporan teknis (dijuluki TR1) merinci berbagai fitur mereka berencana untuk menambah C ++ standar terbaru. Standar baru itu secara informal dijuluki C ++ 0x seperti yang diharapkan akan dirilis sebelum akhir dekade pertama. Namun, ironisnya, standar baru tidak akan dirilis sampai pertengahan 2011. Beberapa laporan teknis yang dirilis hingga saat itu, dan beberapa kompiler mulai menambahkan dukungan eksperimental untuk fitur-fitur baru.

Pada pertengahan 2011, C ++ standar baru (dijuluki C ++ 11) selesai. The proyek perpustakaan Meningkat, membuat dampak yang besar terhadap standar baru, dan beberapa modul baru berasal langsung dari Boost perpustakaan yang sesuai. Beberapa fitur baru termasuk dukungan ekspresi reguler (rincian tentang kalimat biasa dapat ditemukan di sini), sebuah perpustakaan pengacakan komprehensif, perpustakaan C ++ waktu yang baru, teori atom dukungan, perpustakaan threading standar (yang sampai 2011 baik C dan C ++ yang kurang) , baru untuk loop sintaks menyediakan fungsionalitas mirip dengan foreach loop dalam bahasa tertentu lainnya, kata kunci auto, kelas kontainer baru, dukungan yang lebih baik untuk serikat dan daftar array inisialisasi, dan template variadic.

Cukup sekian dari belajarcpp.com semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Mohon maaf atas kekuranganya dan Terima Kasih atas dukungan dan kunjungan anda ke BelajarCPP. Have a nice day.

Last update : 5 Maret 2016

1 comments

Keren! blognya
Thank admin menambah pengetahuanku
izin belajar disini ya


EmoticonEmoticon