Pengertian Identifier dan Scope Identifier C++

Tags

Pengertian Identifier dan Scope Identifier C++ - belajar C++


Pengertian Identifier

Indentifier adalah nama yang diberikan untuk nama objek, nama fungsi, nama variable, dll ( sifatnya ‘case sensitive’). Identifier pada C++ terdiri dari :
  • Huruf ‘A’ sampai ‘Z’ 
  • Huruf ‘a’ sampai ‘z’ 
  • Underscore ( _ ) 
  • Bilangan antara ‘0’ sampai ‘9’

Sebuah identifier yang benar/valid adalah urutan satu atau lebih huruf, angka, atau karakter garis bawah _ Spasi, tanda baca, dan simbol tidak bisa menjadi bagian dari sebuah identifier. Selain itu, pengidentifikasi akan selalu dimulai dengan huruf. Mereka juga dapat dimulai dengan karakter garis bawah _ tapi pengidentifikasi seperti -on paling Kasus dianggap disediakan untuk kata kunci-compiler tertentu atau pengidentifikasi eksternal, serta pengidentifikasi mengandung dua karakter garis bawah berturut-turut di mana saja. Dalam hal bisa mereka mulai dengan digit.

Baca juga : Struktur dan Bagian-bagian Program C++

Ketentuan dalam memberi nama identifier dalam C++ adalah :
1.   Karakter pertama harus huruf atau underscore
2.   Untuk compiler Borland, panjang maksimum 32 karakter
3.   Identifier harus tidak sama dengan keyword yang ada di C++ contoh identifier :
  • Yang benar : nilai, Nilai_nama, No8 
  • Yang salah : 1Buah, nomor-data, if 

C ++ menggunakan sejumlah kata kunci untuk mengidentifikasi operasi dan deskripsi data; Oleh karena itu, pengidentifikasi diciptakan oleh programmer yang tidak sama dengan kata kunci tersebut. Standar Kata kunci yang dilindungi dan tidak dapat digunakan untuk programmer pengidentifikasian adalah:

alignas, alignof, and, and_eq, asm, auto, bitand, bitor, bool, break, case, catch, char, char16_t, char32_t, class, compl, const, constexpr, const_cast, continue, decltype, default, delete, do, double, dynamic_cast, else, enum, explicit, export, extern, false, float, for, friend, goto, if, inline, int, long, mutable, namespace, new, noexcept, not, not_eq, nullptr, operator, or, or_eq, private, protected, public, register, reinterpret_cast, return, short, signed, sizeof, static, static_assert, static_cast, struct, switch, template, this, thread_local, throw, true, try, typedef, typeid, typename, union, unsigned, using, virtual, void, volatile, wchar_t, while, xor, xor_eq

Compiler tertentu juga mungkin memiliki tambahan kata kunci tertentu yang dilindungi.

Baca juga : Pengertian dari Compiler (Kompilator) C++

bahasa C ++ yang merupakan "case sensitive" bahasa. Itu berarti bahwa sebuah identifier ditulis dalam huruf kapital tidak sama satu sama lain dengan nama yang sama tetapi ditulis dalam huruf kecil. Jadi, misalnya, RESULT variabel tidak sama dengan result variabel atau Result variabel. Ini adalah tiga pengidentifikasi berbeda Mengidentifikasi tiga variabel yang berbeda.

Pengertian Scope Identifier

Scope / Ruang lingkup adalah bagian mana dari program, identifier tersebut dapat diakses. Scope dari suatu identifier dimulai dari pendeklarasian sampai dengan akhir dari suatu blok. Scope identifier ada 2, yaitu :
  • Local Identifier, dideklarasikan di dalam blok ‘ { … } ‘
  • Global Identifier, dideklarasikan di luar dari blok, Scope relolution operator ( :: ) dapat digunakan untuk mengakses variable, global secara langsung.

Cukup sekian dari belajarcpp.com semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Mohon maaf atas kekuranganya dan Terima Kasih atas dukungan dan kunjungan anda ke BelajarCPP. Have a nice day.

Last update : 2 Februari 2016


    EmoticonEmoticon