Pengertian Dan Macam-macam Pointer C++

Tags

Pengertian Dan Macam-macam Pointer C++ - belajar C++

Pengertian Operator Pointer

Merupakan sebuah variabel yang berisi alamat dari variabel lain. Suatu pointer dimaksudkan untuk menunjukan ke suatu alamat memori sehingga alamat dari suatu variabel dapat diketahui dengan mudah. Terdapat dua macam operator pointer yang disediakan oleh Borland C++ yaitu Operator dereference ( & ) dan Operator reference ( * ).

Macam-Macam Operator Pointer

Operator Dereference ( & )
Didalam mendeklarasikan suatu variabel harus pada lokasi yang pasti didalam penggantian memori.Pada umumnya kita tidak dapat menentukan dimana variabel akan ditempatkan Terkadang secara otomatis dilakukan oleh kompiler dan sistem operasi yang sedang aktif, tetapi sesekali sistem operasi akan memberikan banyak alamat yang kita tidak mengetahui dimana variabel ditempatkan. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan suatu identifier “&” (ampersand sign) didepan nama variabel, operator ini biasa disebut dengan “address of” atau operator alamat. Dengan menggunakan operator dereference ( & ) ini, suatu variabel akan menghasilkan alamat lokasi memori. Sebagai contoh Aziz ditempatkan pada memori dengan alamat 0x0012ff88 dan dideklarasikan sebagai berikut:
Aziz = 75;
Bastian = Aziz ; // Bastian sama dengan Aziz (75)
Raka = &Aziz; // Raka sama dengan Address Of Aziz (0x0012ff88)

Diagram Pengunaan Opeator Dereference - Belajar C++ 

Operator Reference ( * )
Dengan menggunakan operator anda dapat mengakses secara langsung nilai yamg terdapat didalam variabel yang berpointer, hal ini dapat dilakukan dengan menambahkan identifier asterisk ( * ), agar dapat menterjemahkan nilai sebenarnya dari suatu variabel. Operator ini biasa disebut dengan “value pointed by”. Dengan menggunakan operator reference ( * ) ini, menghasilkan nilai yang berada pada suatu alamat memori Sebagai contoh Aziz ditempatkan pada memori dengan alamat 65524 dan dideklarasikan sebagai berikut:
Aziz  = 75;
Raka = &Aziz ; // Raka sama dengan Address Of Aziz (0x0012ff88)
Bastian  = *Raka ; // Bastian sama dengan value pointed by Raka (75)

Diagram Pengunaan Opeator Reference - Belajar C++

Baca juga :

Cukup sekian dari belajarcpp.com semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Mohon maaf atas kekuranganya dan Terima Kasih atas dukungan dan kunjungan anda ke BelajarCPP. Have a nice day.

Last update : 5 Februari 2016

1 comments


EmoticonEmoticon