Pengertian dan Keuntungan Object Oriented Programming (OOP) C++

Tags

Pengertian dan Keuntungan Object Oriented Programming (OOP) C++ - belajar C++

Pengertian Object Oriented Programming (OOP)
Object Oriented Programming atau yang lebih dikenal dengan OOP adalah pemrograman yang menitikberatkan kepada objek-objek untuk menyelesaikan tugas atau proses dari program tersebut. Sedangkan penitikberatkan ini dimaksudkan adanya interaksi pengiriman nilai, pesan atau pernyataan antar objek. Kemudian objek yang merespon hasil dari interaksi tersebut akan membentuk suatu tindakan atau aksi (methode).
  • Class merupakan gambaran atau abstraksi karakter dan sifat dari suatu objek. Class juga dapat mendefinisikan ciri dan perilaku objek tersebut.
  • Object (objek) adalah suatu data atau entitas yang berwujud maupun tidak berwujud, memiliki sifat (karakteristik) tertentu sesuai dengan kondisi atau status dari penggunaannya. Data atau entitas di dalam pemrograman dapat disebut dengan blok fungsi. Contoh pensil adalah suatu objek yang memiliki attribute (karakter) jenis, warna, panjang dan lain-lain.
  • Methode merupakan tata cara objek tersebut diperlakukan, atau penggunaan atau manfaat dari objek tersebut. Pensil juga memiliki methode (perilaku) seperti diruncingkan, digunakan dan lainlain.

Baca juga : Pengertian dan Fitur-fitur C++

Keuntungan Penggunaan Object Oriented Programming (OOP)
1. Natural
OOP dapat melakukan pendekatan terhadap objek yang menggambarkan segala sesuatu yang nyata, seperti sifat suatu benda maupun kegunaan dari benda tersebut.

2. Modular
Objek yang sudah dibentuk dapat dikelompokkan kembali dengan objek-objek yang lain, seperti kelompok alat tulis yang dapat dikelompokkan kembali dengan kelompok pensil, kelompok buku dan lain-lain.

3. Mudah diperbaharui
Dikarenakan sifat jangkauan dari objek memiliki bagian private dan public, maka jika bagian private ingin digunakan pada objek-objek lain dapat diperbaharui dengan menempatkan objek lain tersebut di bagian public.

Baca juga : Pengertian dari Compiler (Kompilator) C++

4. Dapat didaur ulang
Suatu objek yang telah didefinisikan baik jenis, bentuk, ciri maupun perilaku dapat didefinisikan kembali dengan objek yang lain. Misalkan objek rumah yang memiliki ciri umum ada pintunya, jendelanya, atapnya, temboknya dan lian-lain, dapat didefinisikan kembali ciri-ciri tersebut dengan menyebutkan cirinya masingmasing seperti temboknya yang memiliki ciri jenisnya, ketebalannya, warna catnya dan lain-lain.

Baca juga : Karakterisitik Object Oriented Pemrograman (OOP) C++

Cukup sekian dari belajarcpp.com semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Mohon maaf atas kekuranganya dan Terima Kasih atas dukungan dan kunjungan anda ke BelajarCPP. Have a nice day.

Last update : 6 Februari 2016

2 comments

Terima kasih atas informasinya, artikel ini sangat simpel dan bermanfaat.

Dan juga kunjungi halaman kami di link http://flashcomindonesia.com/kursus-programming-di-surabaya.html

Terima kasih ^^

Nice article gan, tambahin contohnya dong gan kalo bisa
v-class.gunadarma.ac.id


EmoticonEmoticon