Pengertian dan Deklarasi Variabel C++

Pengertian dan Deklarasi Variabel C++ - belajar C++

Pengertian Variabel

Variabel Adalah memberikan tempat menampung data atau konstanta dimemori yang mempunyai nilai atau data yang dapat berubah-ubah selama proses program kecuali variabel konstanta. Dalam pemberian nama variabel dapat terdiri dari huruf, angka dan karakter ( _ ). nama variabel harus dimulai dengan huruf atau garis bawah. dan juga bahwa huruf besar danhuruf kecil dalam pemrograman c++ itu sangat dianggap beda karena c++ adalah case-sensitive. ada satu peraturan dalam pemberian nama pada variabel yaitu tidak boleh menggunakan sepasi saat penamaan variabel, tapi jika nama tersebut memiliki dua kata dan ingin tetap menamakanya dengan itu, anda bisa saja menulisnya tanpa sepasi atau anda juga bisa menggantikan spasi dengan tanda ( _ ). ini dapat mempermudah anda dalam pembacaan nama yang bersepasi, peraturan kedua adalah nama variabel tidak boleh diawali dengan angka dan menggunakan operator aritmatika. contoh : belajarcpp, belajar_cpp dan lain-lain.
tipe data variabel bisa dibedakan menjadi dua yaitu :

Variabel Numerik
Variabel numerik ini dibagi menjadi menjadi 3 (tiga) macam :
  • Bilangan Bulat atau Integer
  • Bilangan Desimal Berpresisi Tunggal atau Floating Point.
  • Bilangan Desimal Berpresisi Gandaatau Double Precision.

Variabel Text
  • Character ( Karakter Tunggal )
  • String ( Untuk Rangkaian Karakter )

Baca juga : Pengertian dan Jenis-jenis Variabel C++

untuk pemahaman lebih lanjut Variabel juga bisa di lihat pada kehidupan sehari-sehari, Mari kita bayangkan bahwa saya meminta Anda untuk mengingat nomor 5, dan kemudian saya meminta Anda untuk juga menghafal nomor 2 pada waktu yang sama. dan Anda hanya menyimpan dua nilai yang berbeda di memori (5 dan 2) Anda. Sekarang, jika saya meminta Anda untuk menambahkan 1 ke nomor pertama yang saya katakan, Anda harus tetap mempertahankan nomor 6 (yang 5 + 1) dan 2 di memori Anda. Kemudian kita bisa, misalnya, kurangi nilai-nilai ini dan memperoleh 4 sebagai hasilnya. dan jika ditulis dalam bahasa proggraming c++ akan menghasilkan seperti dibawah ini.
int main()
{
   int a = 5, b = 2, hasil;
   a = a + 1;
   hasil = a - b;
}

Setiap variabel membutuhkan nama yang mengidentifikasi dan membedakan dari yang lain dalam scope. Sebagai contoh, dalam kode sebelumnya nama-nama variabel a b dan hasil bisa kita sebut nama variabel pada setiap nama anda buat, selama mereka berlaku pada C ++.

Deklarasi Variabel

Deklarasi variabel Adalah proses memperkenalkan/pembuatan variabel dan pendeklarasian tersebut bersifat mutlak mengharuskan setiap variable yang akan didirikan dengan jenisnya digunakan pada baris pertama sebelum operasi. ini menginformasikn compiler memory untuk membuat cadangan di memory dahulu untuk variabel dan bagaimana menafsirkan nilainya sebelum di proses. karena jika tidak diperkenalkan terlebih dahulu maka compiler C++ tidak menerima/mengenal variabel tersebut. Deklarasi Variabel ini meliputi tipe variabel, seperti integer atau character dan nama variabel itu sendiri. Setiap kali pendeklarasian variabel harus diakhiri oleh tanda titik koma (;).

Contoh Bentuk Penulisan Variabel
tipe daftar_variabel;

Baca juga : Pengertian dan Contoh Inisialisasi Variabel C++
int x;
int y;

diatas merupakan contoh pendeklarasian variabel yang valid, dan jika pendeklarasian jenis nilai variabel memiliki jenis yang sama. maka bisa kita persingkat menjadi.
int x,y;

Contoh Variabel
int x, i, p=10;
double a, b, c;
float y;
char nama[20]="belajarcpp.com", merek[10];

Tabel Macam-macam Deklarasi Variabel

Tipe Variabel

Simbol Deklarasi

Integer
int
Floating Point
float
Double Precision
double
Karakter
char
Unsigned Integer
unsigned int
Unsigned Charackter
unsigned char
Long Integer
long int
Unsigned Long Integer
unsigned long int

Baca juga : Pengertian dan Macam-macam Tipe Data dan Object Data C++

Contoh Bentuk Penulisan Variabel
Tipe data nama_variable;
Contoh :
int nilai_uts=100;
float nilai_uas;
char nama_mahasiswa[20];
char grade;
float rata_rata;

Contoh Program
#include <iostream>
#include <conio.h>
using namespace std;

int main ()
{
   // Pendeklarasian variables:
   int a, b;
   int hasil;

   // Proses
   a = 5;
   b = 2;
   a = a + 1;
   hasil = a - b;

   //Output dari hasil
   cout <<"Hasil dari variabel adalah :"<<hasil;

  // menahan penampilan
  getch();
  return 0;
}

Cukup sekian dari belajarcpp.com semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Mohon maaf atas kekuranganya dan Terima Kasih atas dukungan dan kunjungan anda ke BelajarCPP. Have a nice day.

Last update : 7 maret 2016
Previous
Next Post »