Pengenalan Bahasa Pemrograman C++

Tags

Bahasa Pemrograman C++

Bahasa Pemrograman C++

Bahasa Pemrograman C++ adalah bahasa pemrograman komputer tingkat tinggi (High Level Language), tapi banyak juga orang yang mengatakan sebagai bahasa pemrograman tingkat menengah (Middle Level Language). Kenapa penulis menganggap C++ adalah bahasa pemrograman tingkat menengah. berdasarkan sejarah C++ dan pengertian dari tingkatan bahasa pemrograman. C++ merupakan peluasan dari bahasa pemrograman C. bahasa pemrograman C++ dapat melakukan apa yang dapat dilakukan oleh bahasa C, termasuk kelebihan bahasa pemrograman C yaitu dapat menggunakan bahasa pemrograman Assembly.

Bahasa Pemrograman Tingkat rendah adalah bahasa yang termasuk masih primitif, mirip seperti bahasa mesin dan sulit untuk dipelajari. Bahasa Pemrograman tingkat tinggi adalah bahasa yang sudah disederhanakan, mudah digunakan dan mudah dipelajari. Dan bahasa pemrograman menengah adalah bahasa dimana berada ditengah itu (Fleksibel), bahasa yang dapat melakukan perintah dengan bahasa pemrograman tingkat tinggi maupun tingkat rendah.

C++ adalah peluasan dan penyempurnaan dari bahasa pemrograman sebelumnya yaitu bahasa C, oleh Bjarne Stroustrup pada tahun 1980. Awal C++ mempunyai nama yaitu “C with Classes” dan berganti nama menjadi C++ pada tahun 1983. Bjarne Stroustrup membuat bahasa pemrograman C++ dengan tambahan fasilitas, yang sangat berguna pada tahun itu sampai sekarang, yaitu bahasa pemrograman yang mendukung OOP (Object Oriented Programming).

Fitur-fitur C ++

  • Portable, dan merupakan salah satu bahasa pemrograman yang paling sering digunakan di dunia. Karena memiliki banyak kompiler yang berjalan di berbagai platform dan secara eksklusif menggunakan Standar Library C++ yang akan berjalan pada banyak platform dengan tidak adanya perubahan fungsi-fungsi pada Library C++.
  • Mendukung Manifest dan Inferred Typing. Fitur tersebut ada dari pertama adanya C++ Sampai dengan C ++ standar terbaru saat ini, C ++ memungkinkan fleksibilitas dan juga menyediakan kesederhanaan dalam menulis program.
  • C++ Menawarkan banyak pilihan paradigma. Beberapa adalah paradigm yang sangat terkenal dalam C ++ adalah menawarkan dukungan luar biasa untuk Pemrograman Prosedural, Generik, Berorientasi Objek (OOP) dan masih banyak paradigm yang memberikan kemudahan untuk programmer C++.
  • Memiliki dukungan Library yang luar biasa. C++ memiliki Standar Library C++ yang memiliki banyak sekali fungsi dan tidak hanya itu, banyak juga programmer lain yang mengembangkan C++ dan membuat Library tambahan yang sangat berguna.
  • Bahasa yang dikompilasi. C ++, mengkompilasi langsung ke bahasa mesin, yang memungkinkan untuk menjadi salah satu bahasa tercepat di dunia.
  • Sekali lagi menawarkan Fleksibilitas dalam mendukung kedua statis dan dinamis type checking. C++ memungkinkan tipe conversions untuk di check (Diperiksa) di saat mengkompilasi program atau saat jalanya program (run-time).
  • C++ merupakan bahasa turunan dari bahasa pemrograman C, dan C++ dapat menggunakan dan mempunyai semua fasilitas yang ada dalam bahasa pemrograman C tanpa perubahan sedikitpun dalam fungsi-fungsi C. dan juga C++ dapat melakukan pemrograman Assembly langsung di dalam program yang merupakan fitur turunan dari C.
  • Dan masih banyak lagi, kalian akan menyadarinya jika sudah menjadi programmer dengan bahasa C++.


EmoticonEmoticon