Pengertian Dan Cara Kerja Komputer

Tags

komputer

Pengertian Komputer

Komputer adalah sebuah mesin hitung elektronik yang secara cepat menerima masukan digital dan mengelolah informasi / data berdasarkan seperangkat intruksi yang tersimpan dalam kompuer tersebut dan menghasilkan keluaran informasi yang dihasilkan setelah pengolahan data. Biasanya Data atau informasi tersebut akan diolah menurut prosedur yang telah dirumuskan oleh para programmer.

Pada awalnya kata Komputer digunakan untuk menggambarkan orang yang mempunyai pekerjaan untuk perhitungan aritmatika, tanpa atau dengan alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Yang sudah tidak asing lagi dan sangat berjasa bagi kita yaitu Komputer. Memang yang kita kenal Komputer pada jaman modern ini. Komputer Modern bisa digunakan untuk apapun, termasuk mengerjakan tugas sekolah, kerja, menggambar, gaming dan lain-lain. Tetapi sebenarnya asal mulanya Komputer yaitu untuk pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, dengan kata lain awal mulanya komputer hanya bisa digunakan untuk matematika dan semacamnya, tidak seperti sekarang ini.

Komputer terdiri dari lima bagian utama yang mempunyai fungsi sendiri-sendiri, yaitu : masukan, memori, aritmatika dan logika, keluaran dan control.

Gambar 1.1 : Unit Fugsional dasar Komputer
Unit Fugsional dasar Komputer
Masukan dan Pengeluaran (Input & Output)
Merupakan salah satu fungsi komputer yang memungkinkan komputer untuk menerima data dari luar. dan juga memungkinkan komputer untuk mengeluarkan hasil kerja dari proses yang telah dilakukanya. Hasil kerja tersebut dapat berbentuk Fisik (Hardcopy) atau Non-Fisik (Softcopy).

Memory
Memory adalah urutan byte yang dinomori seperti halnya sel atau peti penyimpanan yang berderet. Masing-masing diisi dengan sepotong kecil data informasi yang biasnaya berasal dari Masukan atau hasil proses data.

Aritmatika dan Logika
Dalam bahasa inggris disebut Arithmetic Logic Unit (ALU), adalah alat yang melakukan pelaksanaan dasar seperti pelaksanaan aritmatika, penjumlahan , pengurangan, perkalian, pembagian, pelaksanaan Logis seperti halnya AND, OR, NOT dan lain-lain.

Kontrol
Kontrol ini berfungsi untuk mengentrol pembacaan intruksi program computer.

Struktur Komputer

Komputer adalah sebuah sistem yang berinteraksi dengan dunia luar menggunakan cara tertentu, hal itu dilakukan melalui Perangkat Peripheral dan Saluran Komunikasi (Communication Line), dan empat struktur utama tersebut adalah.
  1. Central Processing Unit (CPU), berfungs sebagai pengontrol operasi komputer dan pusat pengeloahan fungsi-fungsi computer.
  2. Memori Utama, Berfungsi sebagai penyimpanan data.
  3. I/O (Input & Output), Berfungsi untuk memindahkan data ke lingkungan luar, atau ke dalam, atau perangkat lainya
  4. System Interconnection, merupakan sistem yang menghubungkan CPU, Memori utama dan I/O

Struktur Komputer
Gambar 1.2 : Struktur Komputer

Structur Utama Komputer (Top Level Structure)
Gambar 1.3 : Structur Utama Komputer (Top Level Structure)

Struktur CPU
Gambar 1.4 : Struktur CPU

Struktur Unit Kontrol
Gambar 1.5 : Struktur Unit Kontrol

Operasi pada Komputer

Komputer terstruktur seperti yang baru saha dibicarakan diatas, terdapat input/output, memory, control dan lain-lain. Semua berjalan sesuai keinginan dari pengguna komputer. Perintah-perintah di dalam komputer sebenarnya bukan seperti apa yang kita perintahkan kepada komputer. Perintah Komputer tidak seperti bahasa manusiawi. Komputer hanya mempunyai perintah sederhana dalam jumlah terbatas yang dirumuskan dengan baik. Bahasa pada komputer hanya berbentuk kode dan angka. Misalnya suatu himpunan perintah khusus yang didukung oleh komputer tertentu diketahui sebagai “Bahasa Mesin” komputer.

Manusia atau tepatnya Programmer biasanya tidak menulis perintah langsung dengan Bahasa Mesin tetapi mereka menggunakan Bahasa Pemrograman “Tingkat tinggi” yang kemudian akan diterjemahkan ke dalam Bahasa Mesin secara otomatis oleh program komputer khusus (Interpreter dan Kompiler).

Dan di bawah ini merupakan gambaran proses dari operasi kerja di dalam komputer.

Pemindahan Data pada Komputer
Komputer dapat berfungsi sebagai alat pemindah data, Pemindah data dari sebuah Peripheral (Saluran Komunikasi) ke Perangkat lainnya.
Proses Pemindahan Data pada Komputer
Gambar 1.6 : Proses Pemindahan Data pada Komputer

Penyimpanan Data pada Komputer
Komputer sebagai penyimpanan data, dimana data dipindahkan dari lingkungan luar dan menuju ke penyimpanan (Memori) komputer. Untuk membaca data dari penyimpanan atau untuk menulis data ke penyimpanan.
 Penyimpanan Data pada Komputer
Gambar 1.7 : Penyimpanan Data pada Komputer

Pengolahan Data di Penyimpanan
Operasi-operasi yang melibatkan data pada penyimpanan dan menghasilkan data matang ke penyimpanan dari hasil Operasi.
Pengolahan Data di Penyimpanan
Gambar 1.8 : Pengolahan Data di Penyimpanan


Pengolahan dari Penyimpanan ke I/O
Operasi-operasi yang melibatkan pengolahan data atau perpindahan antara tempat penyimpanan dan lingkungan luar.
Pengolahan dari Penyimpanan ke Input Output
Gambar 1.9 : Pengolahan dari Penyimpanan ke Input Output


EmoticonEmoticon