Pengertian Identifier

Tags

Identifier

Identifier dalam bahasa Indonesia merupakan Pengenal atau Identitas adalah nama yang diberikan untuk nama objek, nama fungsi, nama variable, namespace, class dan lain-lain. Merupakan suatu pengenalan untuk sebuah deklarasi yang kita dirikan agar compiler dapat mengenali deklarasi tersebut. C++ memiliki sifat “Case Sensitive” dan berikut adalah hal yang harus anda perhatikan dalam pembuatan nama atau identifier pada C++ :

Peraturan Pembuatan Identifier :
  1. Nama Identifier dapat terdiri dari satu atau beberapa karakter yang terdiri dari angka (0-9), huruf (A-Z, a-z), Simbol Dollar ($), garis bawah (_). Tapi ingat dalam pembuatan identifier tidak boleh menggunakan angka pada awal dari dari identitas, contoh : 5menit.
  2. Case Sensitive : Membedakan Huruf besar dan huruf kecil. Dalam pemrograman jika kita membuat nama identifier dengan memiliki nama yang sama akan dianggap berbeda jika bentuk hurufnya yang berbeda. contoh : “namaidentifier” tidak sama dengan “Namaidentifier”.
  3. Simbol lain yang tidak disebutkan di peraturan no 1, tidak bisa digunakan dalam pembuatan identifier. Seperti (-),(,),(.),(+),(\) dan lain-lain. 
  4. dalam pembuatan identifier tidak diperbolehkan menggunakan spasi.
  5. Tidak bisa menggunakan nama yang sama dengan beberapa standar keyword pada C++, contoh : int, float, char, private, class, struct dan lain-lain.
  6. Dalam pembuatan identifier, panjang nama tidak dibatasi. 

di bawah ini adalah macam-macam nama yang tidak bisa dipakai karena sudah menjadi keyword dalam bahasa pemrograman C++.

alignas, alignof, and, and_eq, asm, auto, bitand, bitor, bool, break, case, catch, char, char16_t, char32_t, class, compl, const, constexpr, const_cast, continue, decltype, default, delete, do, double, dynamic_cast, else, enum, explicit, export, extern, false, float, for, friend, goto, if, inline, int, long, mutable, namespace, new, noexcept, not, not_eq, nullptr, operator, or, or_eq, private, protected, public, register, reinterpret_cast, return, short, signed, sizeof, static, static_assert, static_cast, struct, switch, template, this, thread_local, throw, true, try, typedef, typeid, typename, union, unsigned, using, virtual, void, volatile, wchar_t, while, xor, xor_eq dan lain-lain

Compiler tertentu biasanya memiliki tambahan library yang terdapat kata kunci (keyword) tertentu yang dilindungi, dan tidak bisa dipakai untuk identitas.

Contoh Identifier yang salah :
3NamaIdentifier
float
nama identifier
%^7543

Contoh Identifier yang benar :
namaIdentifier
NaMAIdEntiFier
_namaidentifier
Nama3Identifier
$identifierBernama
Identifier$Bernama

Contoh Program :
#include <iostream>
#include <string>
using namespace std;

int main(){
    string $BelajarCpp, BelajarCPP, belajar_cpp, belajarcpp;
  
    $BelajarCpp = "$BelajarCpp.com";
    BelajarCPP = "BelajarCPP.com";
    belajar_cpp = "belajar_cpp.com";
    belajarcpp = "belajarcpp.com";

    cout<<$BelajarCpp<<endl;
    cout<<BelajarCPP<<endl;
    cout<<belajar_cpp<<endl;
    cout<<belajarcpp<<endl;

    return 0;
}


EmoticonEmoticon