Escape Sequences

Tags

Escape Sequences

Escape Sequences digunakan dalam bahasa pemrograman C dan juga dapat digunakan di bahasa yang mewarisi bahasa pemrograman C. Escape Sequences adalah penulisan karakter yang tidak bisa diwakili secara langsung dalam penulisan karakter atau string literal.

Pada contoh program sebelumnya di contohkan bagaimana sebuah kalimat atau string dapat dituliskan di dalam program yang menyatakan mereka adalah kalimat dan bukan bagian dari kata kunci atau fungsi dalam standar bahasa pemrograman.

Untuk menulis sebuah kalimat kita membutuhkan tanda petik dua (“) sebagai awalan dan penutup, dan petik satu untuk karakter ( ‘ ) sebagai awalan dan penutup karakter. Berdasarkan hal itu, hal tersebut membuat pertanyaan bagaimana cara kita untuk membuat kalimat yang memiliki tanda ( ‘ ) atau ( “ ) sebagai tanda baca pada kalimat tersebut.

#include <iostream>

int main( )
{
    std::cout<<"selamat datang di "belajarcpp" tempat belajar bahasa pemrograman";
    return 0;
}

pada contoh di atas tanda (“) yang dimaksudkan untuk menjadi tanda baca akan dianggap sebagai tanda bagian dari kode. Tanda tersebut akan berperan sebagai penutup dari kalimat sebelumnya “selamat datang di ” dan pembuka sebagai dari kalimat setelahnya “ tempat belajar bahasa pemrograman”, dan sebagai hasil, pernyataan tersebut akan menimbulkan error saat kompilasi. Hal itu bisa kita atasi menggunakan tanda \”. tanda tersebut akan memberitahukan pada kompilasi bahwa petik dua dengan tanda backslash sebelumnya adalah bagian dari string yang akan diubah menjadi tanda petik dua sebagai keluaran.

#include <iostream>

int main( )
{
    std::cout<<"selamat datang di \"belajarcpp\" tempat belajar bahasa pemrograman";
    return 0;
}

Bukan hanya itu, mungkin ada satu hal yang kita perlukan dalam membuat sebuah bacaan yang mudah untuk dibaca, yang biasa digunakan untuk memisahkan paragraf. Yaitu tanda untuk membuat ganti baris atau new line.

#include <iostream>

int main( )
{
    std::cout<<"selamat datang di belajarcpp
    tempat belajar bahasa pemrograman";
    return 0;
}

Program di atas kita menggunakan ganti baris secara langsung, hal tersebut membuat pernyataan di atas akan terpisah dan menjadi dua pernyataan yang tidak sempurna, pernyataan tersebut akan menimbulkan error saat kompilasi. Dalam bahasa pemrograman C/C++ kita tidak dapat mewakili karakter tersebut secara langsung tapi kita bisa menggunakan tanda \n untuk berpindah baris.

#include <iostream>

int main( )
{
    std::cout<<"selamat datang di belajarcpp \ntempat belajar bahasa pemrograman";
    return 0;
}

Pada beberapa Kasus tersebut dapat kita atasi dengan menggunakan Escape Sequence. Escape Sequence adalah ururtan table, sebuah penulisan seperti kode yang mewakili sebuah karakter yang tidak dapat diwakili secara langsung seperti karakter newline yaitu menggunakan tanda \n dan petik dua dengan menggunakan tanda \”.

Tabel Macam-macam Escape Sequences
Escape SequencesFungsiRepresentasi
\''Byte 0x27 dalam ASCII encoding
\""Byte 0x22 dalam ASCII encoding
\??Byte 0x3f dalam ASCII encoding
\\\Byte 0x5c dalam ASCII encoding
\aSuara BellByte 0x07 dalam ASCII encoding
\bHapus karakter sebelumnyaByte 0x08 dalam ASCII encoding
\nBaris BaruByte 0x0a dalam ASCII encoding
\rKembali Ke awal BarisByte 0x0d dalam ASCII encoding
\tHorizontal TabByte 0x09 dalam ASCII encoding
\vVertical TabByte 0x0b dalam ASCII encoding
\nnnArbitary Octal ValueByte nnn
\xnnArbitary Hexadecimal ValueByte nn
\unnnUniversal Character name (Arbitary Unicode Value)Code point u+nnn

Escape Sequences juga dapat dilakukan menggunakan kode hex atau oktal berdsarkan ASCII atau daftar kode lainya. Dan alasan adanya Escape Sequences pada suatu bahasa pemrograman adalah untuk mengatasi masalah mengenai perbedaan standar pada banyak komputer. Mungkin program yang menggunakan kode ASCII di dalamnya secara langsung, kode akan tidak bekerja pada komputer yang tidak menggunakan ASCII untuk standar komputer tersebut. Dengan arti kode ASCII sebagai penggani tanda yang tidak bisa diwakili akan tidak terbaca oleh beberapa komputer yang tidak menggunakan ASCII sebagai standar komputer mereka.

Maka dari itu Escape Sequences akan berguna untuk menangani perbedaan tersebut, karena kode pada Escape  Sequences sudah disesuaikan berdasarkan banyak standar komputer di dunia, dengan arti kode tersebut dapat dibaca di semua komputer.


EmoticonEmoticon