Cara Penggunaan Pemrograman Berbasis Obyek (OOP)

Tags

Tata Cara Penggunaan Pemrograman Berbasis Obyek:
1. Fungsi dan data menjadi satu kesatuan yang disebut obyek
2. Obyek-obyek dalam OOP bersifat aktif
3. Cara pandang : program bukan urut-urutan instruksi tapi diselesaikan oleh obyek-obyek yang bekerjasama untuk menyelesaikan masalah
Bentuk umum dari class
class class_ name
{
 private:
 data element_class;
 method;
 public:c
 data element_class;
 method;
 protype function;
};
Object Declaration;

Contoh deklarasi
Class buku
{
Clas nama[50] ; ;
Float harga;
Int stok;
};
Buku cplusplus;

Pernyataan diatas digunakan untuk mendefinisikan variabel bernama sport. Pada C++ variabel seperti “cplusplus” berkedudukan sebagai variabel kelas yang biasa disebut dengan objek.
Pada sebuah kelas, item-item di dalamnya bisa bersifat private atau public. Secara default, semua item di dalam kelas bersifat private. Jadi tanpa menuliskan kata kunci private, semua item di dalam kelas sudah private.  
A. Public pada kelas
Public (public) menyatakan bahwa deklarasi variabel atau item-item yang ada di dalam kelas dapat diakses dari luar kelas.
//Penggunaan public pada class
#include <iostream.h>
#include <conio.h>
garis( )
{
 cout<<"= = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = =\n";
}
class siswa
{
 public :
 char nis[9],nama[20];
 float nilai;
};
main( )
{
 clrscr( );
 siswa sekolah;
 garis( );cout<<endl;
 cout<<"\t Program Nilai Siswa"<<endl
 <<"\t -------------------"<<endl;
 cout<<" Input NIS = ";cin>>sekolah.nis;
 cout<<" Input Nama Siswa = ";cin>>sekolah.nama;
 cout<<" Input Nilai Akhir = ";cin>>sekolah.nilai;
 clrscr( );
 garis( );cout<<endl;
 cout<<"\t Nilai Siswa"<<endl
 <<"\t ------------"<<endl<<endl
 <<" NIS = "<<sekolah.nis<<endl
 <<" Nama Siswa = "<<sekolah.nama<<endl
 <<" Nilai Akhir = "<<sekolah.nilai<<endl;
 garis( );
 getch( );
}

Private pada Kelas
Private digunakan pada kelas untuk memproteksi anggota-anggota tertentunya agar tidak dapat diakses dari luar kelas secara langsung.
//Penggunaan private pada class
#include <conio.h>
#include <iostream.h>
#define pi 3.14
class tabung
{
 private :
 int j,t;
 float v,k;
 public :
 tabung( );
 void keluaran( );
};
void main( )
{
 clrscr( );
 tabung s;
 s.keluaran( );
 getch( );
}
tabung :: tabung( )
{
 cout<<"\n Menghitung Tabung"<<endl
 <<" -----------------"<<endl<<endl;
 cout<<" Masukan Jari-jari = ";cin>>j;
 cout<<" Masukan Tinggi = ";cin>>t;
 v=(pi*j*j)*t;
 k=(2*(pi*2*j))+t;
}
void tabung :: keluaran( )
{
 cout<<endl
 <<" Volume Tabung = "<<v<<endl
 <<" Keliling Tabung = "<<k<<endl;
}


EmoticonEmoticon