Cara Deklarasi Pointer Pada String C++

Tags

Cara Deklarasi Pointer Pada String C++ - Belajar C++

Apa itu String ?
Perasi string selalui dijumpai di dalam bahasa pemrograman, dikarenakan hampir semua bahasa pemrograman, dikarenakan hampir semua bahasa pemrograman menggunakan manual inputnya adalah string, terutama pada pemrograman visualisasi. String adalah sederetan simbol yang tidak menentu panjangnya, yang dianggap sebagai panjang satu unit” (World Agreement Agenda O812). String dapat berupa angka, huruf, karakter khusus, maupun karakter Unicode.

Baca juga : Macam-macam dan Contoh Fungsi Manipulasi String C++

Apa itu Pointer ?
Merupakan sebuah variabel yang berisi alamat dari variabel lain. Suatu pointer dimaksudkan untuk menunjukan ke suatu alamat memori sehingga alamat dari suatu variabel dapat diketahui dengan mudah. Terdapat dua macam operator pointer yang disediakan oleh Borland C++ yaitu Operator dereference ( & ) dan Operator reference ( * ).

Baca juga : Pengertian dan Macam-macam Pointer C++

Pointer pada string dapat anda lihat pada contoh program berikut:
Contoh Pointer pada String
#include <iostream.h>
#include <conio.h>
main( )
{
   char band_metal[ ] = "SEPULTURA";
   char *band_punk = "RANCID";
   cout<<"Nama Band Metal = "<<band_metal<<endl;
   cout<<"Nama Band Punk = "<<band_punk;
   band_punk+=3; //menambah nilai penunjuk / pointer
   cout<<"Nama Band Metal = "<<band_metal<<endl;
   cout<<"Nama Band Punk = "<<band_punk;
   getche( );
}

Pada program diatas, terdapat perubahan nilai pointer band_punk , yang di tunjukkan oleh penambahan nilai pointer pada band_punk+=3, secara default, pembacaan dilakukan mulai dari pointer pertama, karena sudah terjadi penambahan dengan 3, maka pembacaan berpindah ke alamat ke.4, sehingga tercetak kata CID.

Baca juga :

Cukup sekian dari belajarcpp.com semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Mohon maaf atas kekuranganya dan Terima Kasih atas dukungan dan kunjungan anda ke BelajarCPP. Have a nice day.

Last update : 5 Februari 2016


EmoticonEmoticon