Assignment Operator

Tags

Assignment Operator

Assignment Operator ( = )

Operator penugasan atau dalam bahasa inggris disebut sebagai “Assignment Operator”. Merupakan operator dengan tanda ( = ) yang digunakan untuk memberi nilai kepada sebuah variabel.
Contoh :
x = 5;

Pernyataan di atas merupakan operasi dari operator penugasan dimana sumber berada pada sisi kanan dan tujuan berada pada sisi kiri. memberikan nilai integer 5 pada variable “x”, tugas operasi selalu berlangsung dari kanan ke kiri dan tidak pernah sebaliknya.
Contoh :
x = y;

Ekspresi di atas memberikan (menyalin) nilai yang dimiliki oleh variabel y kepada variabel x, dan jika pada variabel x sebelumnya memang sudah memiliki nilai sendiri maka nilai pada variabel x akan digantikan dengan nilai baru yang dimiliki oleh variabel y.

Arti dari operasi penugasan bukan sepenuhnya memberikan nilai variabel y ke variabel x, variabel y tidak akan kehilangan apa yang dimilikinya, variabel x hanya menyalin data yang ada pada variabel y. dan juga apa yang terjadi pada operasi tersebut hanya menyalin nilai y untuk x dengan arti jika ada perubahan nilai pada variabel y setelah itu, variabel x sama sekali tidak terpengaruhi oleh perubahan tersebut.

Contoh Program :
#include <iostream>
using namespace std;

int main ()
{
   int x, y;         // x:?,  y:?

   x = 10;           // x:10, y:?
   y = 6;            // x:10, y:6
   x = y;            // x:6,  y:6
   y = 2;            // x:6,  y:2

   cout << "x : "<<x<<endl;
   cout << "y : "<<y<<endl;
   return 0;
}

Program di atas akan menghasilkan keluaran di layar yang menyatakan hasil akhir dari variabel x dan y, yaitu x bernilai 6 dan y bernilai 2. Dari contoh program di atas perhatikan bagaimana x tidak terpengaruh oleh modifikasi dari y meskipun penulis menyatakan x = y sebelumnya.

Operasi penugasan adalah ekspresi yang dapat dievaluasi. Itu berarti bahwa tugas itu sendiri memiliki nilai untuk mendasarkan jenis, dan nilai ini adalah salah satu yang ditugaskan dalam operasi. Sebagai contoh :
y = 2 + (x = 5);
Dalam contoh di atas, x diberi nilai 5 dan y mendapatkan nilai dari penjumlahan 2 ditambah nilai x yang sudah diberi nilai 5, atau setara dengan
x = 5;
y = 2 + x;

dengan itu y mendapatkan nilai 7 dari penjumlahan 2 + 5.
Ekspresi berikut ini juga berlaku pada Bahasa Pemrograman C ++ :
x = y = z = 5;
Ini memberikan nilai 5 ke tiga variabel: x y dan z, cara kerjanya selalu dimulai dari kanan-ke-kiri.

Jika pembaca mengikuti pembelajaran di belajarcpp.com dan menyadari bahwa pengertian operator penugasan di atas mirip seperti pengertian inisialisasi. operator penugasan dan inisialisasi itu berbeda, inisialisasi memang menggunakan operator penugasan tapi dari segi keseluruhan penyataan itu disebut sebagai inisialisasi karena apa yang ditugaskan merupakan variabel baru yang saat itu juga di buat dan langsung diberikan nilai. Jika operator penugasan merupakan tanda operasi “=“ dan sebuah pernyataan bisa disebut operasi penugasan jika keadaan variabel-variabel tersebut ada dan mereka semua sudah dibuat sebelumnya.


EmoticonEmoticon